TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
News  

TYC Adakan Dialog Ramadhan dan Bedah Buku: Pembangunan Selaras dengan Keadilan

Avatar

Jatim Aktual, Tangerang – Tangerang Youth Centre (TYC) Mengadakan kegiatan Dialog Ramadhan dan Bedah Buku “Gerakan Sosial Masyarakat Banten Abad XIX”, pada Selasa (26/3).

Direktur Eksekutif Tangerang Youth Centre, Andika Febri Pratama mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan refleksi bagi pemuda untuk lebih mengenal sejarah daerahnya.

“Jati diri akan kita temukan dari mempelajari sejarah kita sendiri. Bagaimana kala itu nenek moyang kita berjuang melawan penjajahan dengan susah payah. Dan tentu harus kita hargai”. Ungkapnya.

Febri yang merupakan mantan Presiden Mahasiswa menambahkan bahwa gerakan sosial yang hendak dibangun bersama kelompok pemuda-masyarakat Tangerang adalah pembangunan yang selaras dengan keadilan.

“Cita-cita besar kita adalah bagaimana keadilan itu bisa tumbuh subur membersamai pembangunan Kabupaten Tangerang. Kita semua harus siap mengawalnya”, Pungkasnya.

Selanjutnya Aris Muzhiat, selaku Penulis menyampaikan bahwa buku ini diilhami oleh kesadaran bahwa kita mesti mengabadikan sejarah melalui literatur sebagai refleksi.

“Buku ini ditulis untuk mengingatkan pada kita bahwa kita ini adalah bangsa pejuang. Gerakan sosial berarti gerakan kepedulian. Semoga pemuda Tangerang bisa melanjutkan amanah gerakan sosial ini dalam bentuk yang menyesuaikan zaman”. Ujar pria yang juga Dosen UIN SMH Banten ini.

Hadir mewakili Pj Bupati Kabupaten Tangerang, Sekretaris Daerah (Sekda) Moch Maesyal Rasyid. Pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran penting gerakan sosial dalam pembangunan. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan guna mendorong partsipasi masyarakat dalam pembangunan provinsi Banten”. Ujar Rudi sapaan akrabnya.

Kegiatan bedah buku ini dihadiri oleh para aktivis lintas kabupaten/kota dan dari berbagai kelompok yang ada di Provinsi Banten.