TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anggota Komisi VI DPR RI Baidowi; Kontribusi Adhi Karya Sangat Besar untuk Pembangunan IKN

Avatar

JatimAktual, Surabaya – Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi mengatakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

Menurut Baidowi, PT Adhi Karya merupakan BUMN Konstruksi dengan kredibilitas yang kuat di Indonesia.

Adhi Karya memiliki karya konstruksi monumental yang hingga kini masih dipergunakan, antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Jembatan Barito, Jembatan Suramadu.

“PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merupakan BUMN Konstruksi dengan kredibilitas yang
kuat di Indonesia,” ungkap pria yang akrab disapa Awiek pada Sosialisasi BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN, bertempat di Hotel Madinah, Pamekasan, Sabtu (7/01/2023).

Awiek menjelaskan, pembangunan IKN Nusantara merupakan upaya Pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.

ADHI memiliki tagline Beyond Construction yang menunjukan bahwa ADHI bukan
hanya bergerak di bidang konstruksi tapi juga Bisnis ADHI fokus untuk Bisnis
Keberlanjutan.

“Saat ini ADHI memiliki empat lini bisnis utama yaitu Engineering dan Konstruksi, Properti dan Hospitaliti, Manufaktur, Investasi dan Konsesi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Awiek mengatakan, IKN Nusantara sekaligus simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata Kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia.

Dengan nama Nusantara, lanjut Ananta, IKN merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kemajemukan Indonesia.

“Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia menjadi modal sosial memajukan kesejahteraan rakyat, demi Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Kontribusi Adhi Karya di IKN
Diketahui, PT Adhi Karya mendapatkan tanggung jawab sebagai kontraktor yang turut berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara.

Sampai dengan saat ini, Adhi Karya telah memperoleh 4 kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, antara lain 22 Tower untuk hunian pekerja konstruksi IKN, pelindung fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, dan terbaru, ialah rumah tapak kedinasan di IKN Nusantara.

Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan pemateri, Abdul Basid, S.P dan Khotibul Umam, M.E.I.(*)