TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Tuhan itu Adil?

Avatar

Jatim Aktual, Artikel – alam kehidupan ini memang banyak yang nama nya ujian hidup. Kita sebagai umat muslim harus menanamkan iman yang kuat agar tidak pernah meragukan-Nya. Tak sedikit dari kebanyakan makhluk manusia, mengganggap bahwa tuhan itu tidak adil. Tuhan memanglah Maha Kuasa seluruh alam dan yang menentukan semua kehidupan. Dengan tidak mudahnya hidup atau terlalu beratnya cobaan hidup sehingga membuat banyak manusia meragukan apakah tuhan itu adil?

Mungkin memang sedikit kurang pantas untuk mempertanyakan hal seperti ini. Tetapi ini adalah hal yang ramai dibicarakan pada saat ini. Ya, mungkin salah satu dari mereka yang masih mempertanyakannya adalah mereka yang tidak mempercayai sebuah garis kehidupan dan belum bisa menerima takdir. Tetapi apakah pantas kita masih mempertanyakan itu semua atas apa yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita semua sebuah kehidupan?

Pada saat ini banyak sekali kekerasan merajalela, kemiskinan dimana-mana, kurangnya moralitas penerus bangsa, keadilan hukum yang perlu dipertanyakan, dan juga ujian hidup yang harus dijalani.

Mengapa Banyak Para Manusia Yang Menyerukan Bahwa Tuhan Tidak Adil???

Banyak kita lihat dari sekitar kita maupun dari beberapa jejaring sosial yang menampilkan beberapa fenomena tentang kehidupan yang berekonomi kurang layak bertepatan dengan keterbatasan fisik. Dari fenomena tersebut banyak yang mempertanyakan apakah tuhan itu adil? Mungkin akan seperti lelucon bila kita mendengarnya, tetapi seperti itulah kehidupan di masyarakat. Banyak yang tidak terima dengan takdir hidup yang sudah digariskan oleh sang Maha Kuasa.

Dan herannya kaum yang mengalami keterbatasan hidup seperti itu tidak terlihat oleh pemerintah. Tapi, apakah mungkin tidak terlihat? Atau mungkin memang sudah melihat tetapi tidak ada yang bertindak?

Disini semakin kuat tentang opsi yang diberikan oleh orang-orang tentang keadilan tuhan yang masih dipertanyakan. Banyak dari mereka mengatakan “dimana tuhan? Kenapa tuhan menyiksa hamba-Nya dengan cobaan yang begitu sulit” “dimana tuhan yang katanya Maha Adil?” dan masih banyak lagi kata-kata yang diutarakan oleh manusia.

Tetapi kita hanya lah manusia, kita tidak bisa memilih. Kita sebagai manusia hanya bisa mengikuti sebuah garis takdir yang sudah ditentukan oleh sang Maha Kuasa. Mungkin yang susah di dunia mereka akan mendapat kebahagian yang tak terhingga di kehidupan yang akan datang kedua kalinya.

Setiap manusia memiliki sebuah takdir yang berbeda-beda dengan yang lain, terkadang bagi para manusia yang taat akan kepada-Nya itu cobaan didunia lebih berat dari para manusia yang lainnya. Tetapi sudah dijanjikan oleh yang Maha Kuasa bagi para umatnya yang selalu bersabar dan taat kepada-Nya itu bahagia di kehidupan selanjutnya.

Tuhan itu Maha adil, selalu memberikan yang terbaik bagi makhluknya. Akan tetapi masih banyak manusia yang tidak pernah bersyukur dan merasa bahwa tuhan itu tidak pernah memahami dirinya, dan merasa tuhan tidak pernah adil kepadanya karena hidupnya masih banyak cobaan.

Setiap ujian yang didatangkan kepada kita itu selalu ada hikmahnya ada juga sebagai teguran untuk kita agar bertobat dan kembali ke jalan-Nya. Jadi, kita harus meninggkatkan iman kita agar kita tidak berperasangka buruk kepada-Nya dan selalu merasa bersyukur atas apa yang telah diberikan agar tidak pernah merasa bahwa tuhan itu tidak adil. Karena sesungguhnya seseorang yang merasa tuhan itu tidak adil adalah mereka yang tidak pernah bersyukur akan apa yang telah diberikan oleh sang Maha Kuasa kepadanya.

Seperti dalil yang ada di dalam (QS. Al-Baqarah: 185) “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. Jadi, dapat disimpulkan dari dalil tersebut bahwa tuhan tidak pernah menguji hambanya di batas kemampuannya. Banyak para orang yang masih merasakan kesulitan dalam hidup, tetapi dia selalu bersyukur akan apa yang telah digariskan kepadanya dan itu sudah terbukti bahwa tuhan tidak pernah menguji hambanya dibatas kemampuannya.

Lalu bagaimana dengan orang yang banyak mengakhiri dirinya sendiri karena tidak sanggupnya menjalani hidup? Seseorang yang seperti itu merupakan seseorang yang tidak pernah merasa mendapatkan keadilan dalam hidupnya karena kurangnya rasa bersyukur yang di tanam dalam diri orang tersebut. Dan kurang kuat sebuah iman yang ditanamkan pada diri orang tersebut.

Sesungguhnya tuhan itu maha adil seadil-adilnya, tidak ada yang lebih adil daripada tuhan. Jadi, bila ada yang mempertanyakan apakah tuhan itu adil? yang perlu dipertanyakan adalah seberapa tebal iman kita? sehingga kita masih mempertanyakan tentang keadilan tuhan.