TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

BSI Ajak Mahasiswa dan Wirausaha Muda di Malang untuk ‘Naik Kelas’

Avatar

Jatim Aktual, Malang – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng Universitas Brawijaya (UB) sebagai mitra strategis dalam roadshow kegiatan Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2023, Selasa (7/3/23).

Talenta Wirausaha BSI (TWB) merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda dan Musilmpreneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital dan Go Global.

Gagasan MuslimPreneur dan membangkitkan kewirausahaan ini telah disampaikan Menteri BUMM Erick Thohir Erick sejak TWB angkatan pertama pada 2022.

Gagasan ini bermula dari pengamatan langsung Erick saat berkeliling ke pesantren-pesantren di Indonesia bersama Dirut BSI Hery Gunardi.

“Saya sudah mengajak juga Direktur Utama BSI untuk datang ke pesantren-pesantren karena memang kita ingin pesantren sebagai mercusuar peradaban. Supaya keseimbangan ekonomi bisa terjadi, apalagi saat Covid-19 ini jelas terdapat kesenjangan. Maka dari itu kita harus seimbangkan dan intervensi. Di situlah negara hadir memastikan kesenjangan tersebut tidak boleh semakin melebar,” ungkap Erick Thohir dalam sambutannya melalui video conference.

TWB juga menjadi salah satu wujud komitmen BSI dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem ekonomi syariah, salah satunya di lingkungan akademisi.

BSI berharap melalui sinergi ini dapat menciptakan ekosistem MuslimPreneur di lingkungan kampus. Selain itu, BSI juga menyosialisasikan sekaligus menarik minat para mahasiswa dan wirausaha muda di wilayah Malang maupun Jawa Timur untuk mengikuti program ini.

BSI menempatkan TWB sebagai sarana bagi calon wirausaha maupun wirausaha muda yang eksisting untuk ‘naik kelas’.

Kemas Erwan Husainy (RCEO BSI Region Surabaya) menegaskan, sebagai market leader perbankan syariah di Tanah Air, BSI berinisiatif untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi, baik memperkuat kehadiran di kampus, maupun menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Pemilihan UB sebagai lokasi onboarding TWB 2023 dilakukan karena sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur memiliki potensi dan daya tarik yang luar biasa besar sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa.

“Selain itu, UB memiliki komitmen yang sejalan dengan BSI dalam pengembangan Enterpreneur Community Based,” kata Kemas Erwan.

Kemas Erwan optimis, para civitas academika mampu sebagai agen kebaikan dalam pengembangan MuslimPreneurdi wilayah kampus dan memberikan banyak warna di ajang kompetitif Talenta Wirausaha BSI 2023.

Pada tahun ini, TWB mengajak calon wirausaha dan wirausaha eksisting untuk empat kategori, yakni kategori Pemula, kategori Rintisan, kategori Berdaya, dan kategori Santri. Melalui keempat kategori ini diharapkan BSI dapat memfasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan segmentasi usaha.

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota – kota besar di antaranya Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banten, Banjarmasin, Balikpapan.

Kota-kota ini dipilih mengingat potensi industri kreatif yang besar dan minat program ini pada tahun sebelumnya.

Pada 2022, program TWB diikuti oleh 5.000 pendaftar dan sebanyak 1.000 peserta terpilih mengikuti workshop, dilanjutkan dengan 489 peserta yang mempresentasikan program bisnis.

Kemudian, TWB 2022 menyaring 18 finalis seleksi tingkat nasional dan berujung pada Grand Final dengan tiga pemenang untuk tiga kategori, yakni Pemula, Rintisan, dan Berdaya. (*)