TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SMP Muhammadiyah 1 Malang, Tradisi Sekolah Unggul

Avatar

Jatim Aktual, MALANG – SMP Muhammadiyah 1 Malang atau dikenal dengan SMP Muhasa telah berdiri setahun setelah Indonesia Merdeka, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1946.

Pendirian sekolah unggul ini adalah atas prakarsa para tokoh Muhammadiyah Kota Malang. Muhasa adalah cikal bakal pendidikan naungan Muhammadiyah Kota Malang yang dirintis oleh KH. M. Bedjo Dermalaksono, bersama Djoko Raharjo, Suryawiyana, dan Abdul Rahman. SMP Muhasa beralamat di Jalan Bridjen Slamet Riyadi No. 134 (dulu Oro-oro Dowo 134) yang tidak lain adalah kediaman Kh. M. Bedjo Dermolaksono.

Kepala SMP Muhasa, Ibu Yanur Setyaningrum menyampaikan di SMP Muhammadiyah 1 selain mencetak Calon Pemimpin Masa depan, juga memiliki tradisi Unggul.

“Hal ini sangat wajar, selain karena sekolah yang telah berdiri sejak zaman kemerdekaan, sekolah kami juga terakreditasi A (unggul). Ribuan lulusan kami telah berhasil diberbagi bidang dan telah menyebar ke seluruh penjuru negeri.Jadi, kualitas sekolah dan lulusan unggul adalah tradisi kami,” ujar Yanur Setyaningrum, M.Pd.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak contoh tradisi unggul yang dijalankan sekolah. Terbaru, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru, SMP Muhammadiyah 1 Malang tiada hentinya jalin kemitraan lintas sektor.

Salah satunya adalah menyelenggarakan pelatihan dan penguatan pembelajaran berbasis Lesson Study. Kegiatan ini berjalan selama setahun, bekerjasama dengan Dosen-dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, alumni STOLS Jepang. Salah satunya adalah Bapak Fuad Jaya Miharja, M.Pd.

“Kami juga memiliki berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas. Program Adiwiyata, Tahfidz, Tahsin, Ekstra kurikuler dan pelatihan terus dijalankan. Kami terus memastikan sekolah kami siap mendidik calon-calon pemimpin Bangsa, berdasar kualitas. Jadi, kepada para orang tua, jangan ragu untuk mempercayakan pendidikan anaknya kepada kami. Kami telah unggul sejak awal Indonesia merdeka,” pungkas Yanur Setyaningrum.

Info pendaftaran siswa baru dapat diakses melalui berbagai sosial media seperti instagram dan facebook (SMP Muhammadiyah Satu), atau melalui website (smpmuhasa.sch.id) serta informasi lebih lanjut dapat ditanyakan langsung melalui pesan whatsapp di nomor (081330951615)