TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
News  

Anggota Komisi VI DPR RI Baidowi: Pembangunan oleh Waskita Karya Dirasakan UMKM

Avatar
Anggota Komisi VI DPR RI, Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos,.M.Si saat sosialisasi peran kemitraan UMKM BUMN di Kantor Aula Nuri Jatim // fotodok;JatimAktual.com

Pamekasan, JatimAktual – Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menyatakan hasil karya Waskita Karya berdampak banyak bagi perekonomian dan UMKM. Hal itu disampaikan oleh Baidowi dalam sosialisasi Peran Kemitraan UMKM BUMN di aula NURI JATIM, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya, perusahaan itu telah berhasil membangun berbagai infrastruktur yang ada di Indonesia.

“Waskita Karya sebagai agen pembangunan di bidang infrastruktur terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia,” kata Baidowi.

Pria yang akrab disapa Awiek ini juga menyebut kinerja Waskita Karya harus disosialisasikan agar masyarakat mengetahui serta memahami peran BUMN Waskita Karya dalam mendorong kemajuan perekonomian UMKM di Madura.

Selanjutnya, legislator fraksi PPP ini juga menyebut bahwa Waskita Karya turut berkontribusi dalam pembangunan beberapa jalan tol dengan total panjang +1.300 Km yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Manfaat dari pembangunan Jalan Tol Trans Jawa (Jakarta – Surabaya) yaitu dapat memangkas waktu tempuh dari 20 jam menjadi 12 – 15 jam. Sedangkan manfaat Jalan Tol Trans Sumatera (Bakauheni – Palembang) yaitu dapat memangkas waktu tempuh dari 12 jam menjadi sekitar 6 jam,” jelasnya.

Dirinya menambahkan Waskita Karya juga telah menyelesaikan pembangunan bendungan Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Way Sekampung di Lampung.

Selain itu, BUMN itu juga tengah membangun beberapa bendungan yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain, Bendungan Rukoh di Aceh, Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat, Bendungan Karian di Banten, Bendungan Tiga Dihaji di Sumatera Selatan, Bendungan Jlantah di Jawa Tengah, Bendungan Bener di Jawa Timur, Bendungan Temef di Nusa Tenggara Timur, dan Bendungan Margatiga di Lampung.

Pada sektor kelistrikan, Waskita Karya saat ini tengah membangun jaringan transmisi 500 kV di Sumatera yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara Pulau Sumatera.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan “Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi” Dosen Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Uhsuluddin (STIU) Al-Mujtama’ Samhari dan Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Syamsul.

 

(Ian/rls)