Bedol Pusaka Tombak Kyai Upas Dari Kantor Kearsipan Dan Perpustakaan ke Griya Ndalem Kanjengan Kabupaten Tulungagung

Avatar

 

Jatim Aktual Tulungagung – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata gelar prosesi bedol atau boyongan Pusaka Tombak Kyai Upas dari tempat penyimpanan semula dilokasi kantor Dinas Kearsipan Tulungagung menuju Pendopo Agung Pringgo Kusuman, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Selasa (08/11/2022) malam.

Prosesi boyongan dilakukan secara adat jawa ini dengan diikuti oleh tokoh budaya, barisan prajurit, para dayang, dan abdi dalem wimbasara diiringi juga oleh para penabuh reog gendang.

KaDin Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung, Bambang Ermawan, mengatakan, sejak kepemilikan Griya Ndalem Kanjengan oleh PemKab pada 29 Agustus 2022 lalu, secara resmi digunakan sebagai tempat penyimpanan pusaka Tombak Kanjeng Kyai Upas.

“Tanah dan bangunan ini merupakan tempat asli penyimpanan pusaka Kanjeng Tombak Kyai Upas, dan sebagai tempat bersejarah peninggalan leluhur,” paparnya.

Senada dengan apa yang dipaparkan Bambang Ernawan, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., juga menyampaikan rasa syukur atas gelaran prosesi boyongan Pusaka Kanjeng Tombak Kyai Upas dengan lancar.

“Syukur Alhamdulillah, malam hari ini kita dapat melaksanakan prosesi boyongan pusaka Tombak Kanjeng Kyai Upas dengan lancar,” katanya.

“Ini merupakan kado istimewa di hari jadinya Kabupaten Tulungagung yang ke – 817 tahun 2022, kita sudah memiliki kembali asal sejarah yang berada di tengah kota ini sekaligus bisa memboyong kembali Pusaka Agung Tombak Kyai Upas kembali Ke Pendopo Agung Pringgo Kusuman atau Griya Dalem Kanjengan.” Pungkasnya.(Sug)