KOSTI dan PemDes Wates Gelar Pameran Onthel di Pasren Garuda Wates Sumbergempol

Avatar

Jatim Aktual , Tulungagung – Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kabupaten Tulungagung bersama Pemrintah Desa wates Kecamatan Sumbergempol mengadakan Pameran Sepeda Onthel yang bertempat di Wisata Pasren Garuda desa Wates, Jumat(1/7/2022) malam.

Menurut penuturan Agis selaku pembina KOSTI Kabupaten Tulungagung dalam sambutannya, menurutnya KOSTI merupakan suatu perkumpulan para pencinta dan pengguna sepeda onthel atau sepeda lawas Kabupaten Tulungagung yang legalitas formalnya Kemenkumham.

Senada dengan itu Bambang Samsu selaku Ketua Komunitas Sepeda Onthel Indonesia (KOSTI) kabupaten Tulungagung menjelaskan saat ditemui awak media disesi yang terpisah, KOSTI berdiri sejak tanggal 27 maret 2022.

” Sejak dibentuk Kosti kabupaten Tulungagung beberapa kali menggelar event dan rutinan setiap Ahad Wage ( Minggu wage) secara bergiliran.” Ucap Bambang Samsu.

” Mari bersama- sama berolahraga bersama dengan bersepeda onthel melalui pameran sepeda onthel (sepeda tua/jadul) ini, dengan hobi yang sama bisa saling bersilaturahim dan menjaga keakraban sesama anggota kosti.” Tandasnya.

Kita jaga inspirasi bagi masyarakat untuk kembali memanfaatkan sepeda sebagai andalan transportasi sehari-hari yang hemat BBM serta ramah lingkungan, lanjut Bambang menambahkan.

“Semoga masyarakat kabupaten Tulungagung ikut berpartisipasi dalam melestarikan sepeda onthel sebagai warisan leluhur yang sangat penting sekali dilestarikan.” Pungkasnya

Menurut Joko Dwi selaku SekCam Sumbergempol mengatakan, adanya pameran sepeda onthel seperti ini jarang kita menemukan, kebetulan pada malam hari Kosti mengadakan pameran Sepeda onthel atau sepeda tua di Pasren garuda desa Wates kecamatan Sumbergempol.

” Saya mewakili atas nama pemerintah kecamatan Sumbergempol sangat mengapresiasi kegiatan bagus ini yang diadakan oleh teman- teman dari Kosti.” Ungkap Joko Dwi dalam sambutannya.

Dalam membuka agenda giat malam ini, dalam pungaksannya Joko menghimbau kepada warga masyarakat desa wates dan sekitarnya agar lebih mencintai sepeda onthel atau sepeda Jowo karna didalamnya mengandung nilai positifnya supaya kita lebih mencintai peninggalan sejarah dari leluhur kita terdahulu dalam artian Onthel merupakan sarana transportasi yang di gunakan pada masa dulu.

Hadir diacara malam ini Rudiyanto kepala desa Wates kecamatan Sumbergempol, Babinkamtibmas serta ratusan warga yang turut hadir menyaksikan acara pembukaan pameran sepeda onthel dengan suguhan hiburan kesenian reog kendang dari sanggar budaya Tricahyo Budoyo dari desa Ngranti kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung. (sug)