Mengenal Memahami Isi Laporan Keuangan Penting Bagi Pengelola BUMDes Dan UMKM

Avatar


Jatim Aktual, Sukoharjo – Perserikatan BUMDesa Indonesia (PBI) Gerbangmassa bekerjasama dengan Yayasan Solidaridad Indonesia mengadakan kegiatan “Workshop Online Manajemen Pengelolaan Usaha”. Workshop pertemanan ke 3 dengan tema Manajemen Pelaporan dan Keuangan bagi BUMDesa dan UMKM dilaksanakan pada Senin (27/6/2022).

Muhammad Zaid selaku wakil ketua III PBI Gerbangmassa menyampaikan, kegiatan workshop, dapat meningkatkan pemahaman pengelola BUMDesa dan UMKM terhadap isi laporan keuangan.
“Dengan tema Worksop ini diharapkan peserta mampu memahami atas perlakuan akuntansi untuk setiap kelompok akun, dalam laporan keuangan berdasarkan standar yang berlaku, serta mampu memahami teknik dalam melakukan analisis laporan keuangan,” katanya mengalamai presentasi sebagai narasumber.

Zaid sapaan akbabnya memaparkan langkah-langkah dalam pembuatan laporan keuangan. Zaid, pembuatan laporan keuangan harus diawali dengan mencatat setiap traksaksi ke dalam buku jurnal dan diakhiri dengan membuat neraca saldo setelah penutupan buku.

“Dalam pembuatan laporan keuangan, selain dibutuhkan pemahaman tentang akuntansi juga dibutuhkan ketelitian, selain itu, diharapkan pengelola BUMDesa dan pelaku UMKM juga dapat memahami pembuatan laporan keuangan, sekaligus bisa menjelaskan secara runut asal penggunaan keuangan kepada kepala desa,” tuturnya.

Acara workshop dirangkai dengan diskusi secara terbuka, para peserta menyampaikan kendala, permasalahan yang dihadapi dalam penyusun laporan keuangan.

Melalui Workshop Manajemen Pelaporan & Keuangan diharapkan para peserta dapat mengenal akuntansi lebih dekat agar dapat menelaah laporan keuangan dengan optimal untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan akuntabel.

Sigit Wahyudi selalu panitia penyelenggara berharap agar hasil wokshop ini dapat diaplikasikan pada saat reviu laporan keuangan, sebagai pengelola BUMDesa dan pelaku UMKM agar selalu bersikap professional dan menjaga agar tujuan BUMDesa dan UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dapat tercapai, dalam menutup kegiatan workshop tersebut.(Sigit)

Penulis: SigitEditor: Wahyu