Lomba Tingkat 1 Gerakan Pramuka Penggalang MTs Negeri 6 Kebumen

Avatar


Jatim Aktual, Kebumen – Perkemahan sabtu malam minggu di laksanakan di halaman MTS negeri 6 Kebumen, dalam rangka lomba tingkat 1 merupakan agenda kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Penggalang Gudep XI .05.18.087/18-088 Pangkalan MTsN 6. 26/06/2022.

Seperti di sampaikn Nur Edi Setiyono pembina pengglang rakit yang diadakannya dihalaman Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kebumen, bertujuan untuk memilih regu terbaik, berprestasi sekaligus pemilihan calon dewan penggalang ditingkat MTS, juga merupakan ajang untuk mengikat ukhuwah, persatuan anggota pramuka.

Lanjut Edi menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas, disiplin serta membina generasi muda yang berani, bertanggungjawab dan tegas.”harapanya

Dalam pelaksanaan lomba tingkat 1, diperlombakan 6 cabang lomba yaitu, Pionering kaki 3 , PBB, pidato bahasa jawa memasak, sandi-sandi, kelengkapan serta kerapihan pakain Pramuka lengkap, pimilahan sampah organik dan anorganik.

Jumlah peserta pelaksanaan lomba tingkat 1 di ikuti 14 regu puteri dan 12 regu putera dengan jumlah 254 anggota.

Kegiatan lomba tingkat 1 dibuka Mabigus, H.Drs. Muhammad Makhi, dalam sambutanya acara persami ini mengangkat tema “Pramuka Giat, Cerdas, Tangguh, dan Berkarakter”, turut hadir dalam acara tersaebut wakil kepala MTs Negeri, Guru dan karyawan Pembina Pramuka, Dewan kehormatan, serta alumni.

Penyerahan tropi dari tim lomba kepada kepala MTs Negeri 6 Kebumen selaku Mabigus dari hasil kejuaraan lomba, Heaking rally tingkat Kwaran ranting Puring Kebumen 4 piala diperebutkan kejuaraan juara 2 dan 3 regu putri dan harapan 1dan 3 regu putra.

Mabigus mengucapkan terimakasih atas semangat dan keseriusan adik-adik pramuka MTsN 6 Kebumen yang meraih prestasi luar biasa, untuk mengikuti kegiatan lomba tingkat 1 dengan baik, jaga kesehatan kekompakan, kebersihan lingkungan.

Mabigus juga menjelaskan bahwa kegiatan latihan tingkat 1 merupakan puncak dari kegiatan Pramuka penggalang di Gugus depan sekligus ajang pembinaan karakter handal, berprestasi diharapkan bisa menanamkan dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Disela sela kesibukan Lusi Sabarwati selaku andalan Kwaran seklugus pembina mengapresiasi positif kegiatan ini, karena latihan lomba 1, dapat menjadi wahana untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkaraker dimasa yang akan datang.

Melalui lomba tingkat ini diharapkan setiap jiwa Pramuka Penggalang terbiasa bersikap sportif dalam berkompetisi, menguasai ilmu pengetahuan umum, skill kepramukaan serta menjunjung tinggi semangat ukhuwah Islamiyah.

Pembina andaan seperti biasa tidak lupa selalu mengucapkan terimakasih kepada pembina, panitia, seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan acara ini.”semoga adik-adik pramuka MTs Negeri 6 dapat menjadi generasi penerus bangsa, beraklak mulia, siap menjadi generasi dewan penggalang,”harapnya.(Red)

Penulis: RedaksiEditor: Wahyu