Sikap Ketua Umum FKA UKW Atas Pernyataan AKBP Arman di Vidio Viral Sampang

Avatar

Jatim Aktual , Sampang – Terkait pernyataan Kapolres Sampang AKBP Arman, yang berstatement bahwa tidak akan melayani wartawan yang tidak punya sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan media yang tidak terdaftar di Dewan Pers, membuat jurnalis turun kejalan, Senin (20/06/2022).

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) Forum Komunikasi Alumni Uji Kompetensi Wartawan (FKA UKW), Edi Tarigan, menyatakan bahwa apa yang di lakukan oleh para teman-teman melakukan demo atau protes dengan statement Kapolres AKBP Arman, sah-sah saja.

Vidio viral yang berdurasi dua menit empat belas detik (02:14) dalam statementnya Kapolres AKBP Arman yang membuat teman – teman jurnalis melakukan aksi demo.

Tarigan selaku ketua umum FKA UKW mengungkapkan,” Menurut kami bahwa pernyataan Pak Kapolres itu sudah benar justru itu mendukung kepada teman pers untuk menjadi lebih profesional dalam peliputan.Namun, nada serta ucapannya beliau yang kurang pas terlalu kasar, mestinya beliau menyampaikan dengan santun, jangan memakai nada emosi, mungkin Kapolres dalam keadaan emosi,” ucapnya.Selasa (21/06/2022).

Kami berharap seorang jurnalis atau wartawan memahami Undang-undang (UU) Pers No 40 Tahun 1999, serta mengerti Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam penulisan berita.
Dan memang di dalam UU tidak menyatakan harus UKW atau terferivikasi dewan pers bagi teman-teman media, namun demikian kita harus tetap belajar untuk menjadi jurnalis yang profesional. Untuk ikut UKW itu semua tergantung dan kembali ke individu masing-masing dan kita semua sama-sama belajar, ujarnya.

Dan kami mengharap kepada teman-teman jurnalis agar tetap menjaga nama baik profesi kita , karena profesi kita ini merupakan pilar ke empat di Indonesia dan profesi yang sangat mulia,” harapnya. (Titik)