TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tugu Helikopter SA313 untuk Mengenang Laksamana Laut R.E. Martadinata dan Letnan Laut Penerbang Willy Kairupan

Avatar

Jatim Aktual, Bogor – Jika kita berwisata ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, kita akan melihat sebuah tugu helikopter SA313 Alouette II yang tampak di kawasan Puncak Pass. Tugu ini dibangun untuk memperingati jatuhnya helikopter tersebut di kawasan Riung Gunung, 6 Oktober 1966.

Helikopter ini ketika hari naas tersebut, dipiloti oleh Letnan Laut Charles Willy Kairupan, yang membawa Laksamana Raden Eddy Martadinata bersama tiga tamu dari Pakistan, Kolonel Laut Maswar bersama istri serta Nyonya Rouf, istri dari Deputy I Kepala Staff Angkatan Laut Pakistan. Dalam kecelakaan tersebut seluruh penumpang dan pilot termasuk Laksamana Laut RE Martadinata tewas.

 

#ArsipHariIni menampilkan foto upacara penghormatan terakhir kepada Laksamana Laut R.E. Martadinata dan Letnan Laut Penerbang Willy Kairupan di Markas Besar Angkatan Laut, Gunung Sahari, pada 7 Oktober 1966.

Peristiwa 56 tahun yang lalu di Puncak di Riung Gunung ini, tidak banyak dari generasi muda sekarang yang mengetahui hal ini. (red/Pitung)

Sumber: Museum Arsip Nasional