450 Peserta Dari Jateng Dan Jatim Semarakan Pameran Bonsai

Avatar

Jatim Aktual, Kebumen – Pameran dan kontes bonsai Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pengemar Bonsai Indonesia ( PPBI) Cabang Blora, Jawa tengah resmi di buka oleh Budi Riyanto Kepala Bidang Kebudayaan Dinas pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Blora, di gor Mustika, Senin, 12/09/2022.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten Blora, mengapresiasi kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah menyelengarakan pameran dan kontes ini, ” Ucap Budi Riyanto

Budi mengaku dengan adanya pameran ini tentu menjadi ajang silahturahmi bagi para pecinta bonsai yang hadir di Blora ini.
“Peserta banyak yang ikut dari luar daerah, ini tentu akan membawa dampak positif bagi Blora, ” tuturnya.

Pameran dan kontes bonsai ini juga mengandung nilai seni karena banyak dinikmati penggemar bonsai dari berbagai daerah, bahkan keberadaan pameran bonsai ini bisa meningkatkan UMKM yang ada di Blora,”Tambahnya.

Dalam pameran dan kontes bonsai yang diselenggarakan oleh PPBI ini juga merupakan yang pertama kali dilakukan oleh para pecinta bonsai setelah sejak lama tidak ada Pameran yang digelar.

Ketua PPBI sekaligus Panitia Pameran, Umbaran Wibowo mengatakan setidaknya ada 450 peserta dari Jateng dan jatim siap mengikuti kontes dan pameran di Blora ini.

“Target kami kemarin hanya 250 an peserta namun pada kenyataannya melampaui target hingga mencapai 450 peserta,” kata Umbaran.

“Dari Surabaya juga ada, ini yang terjauh dari ujung timur, sedangkan dari wilayah barat semarang dan sekitarnya juga ikut hadir disini, “Imbuhnya

Ia menjelaskan, pameran bonsai ini merupakan ajang silaturahmi pengemar bonsai. Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga diharapkan menjadi kegiatan yang profesional dan bernilai bagi pengemar tanaman bonsai.

“Bonsai yang ikut kontes ini tentu harganya lumayan mahal. Ada yang kisaran 150 juta ke atas,” jelas Umbaran.

“Dengan pameran bonsai ini saya juga berharap dapat membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya yang memiliki bonsai, karena kita ketahui bersama di Blora bahan untuk dijadikan bonsai mudah didapat, ” harapnya.

Umbaran mengajak masyarakat di Kabupaten Blora untuk menghadiri pemeran bonsai tersebut.Dari sini kita bisa melihat keindahan bonsai dan mengedukasi kita.
“Ini Gratis, untuk umum nantinya akan dibuka pada tanggal 12 September 2022 (red hari ini) Setelah dilakukan penjurian,” pungkasnya.

Agung, salah satu pengemar tanaman bonsai, mengatakan kegiatan pameran seperti ini sudah lama tidak diadakan di Blora, dengan adanya pameran ini dirinya merasa senang.

“Ini sangat menarik ya, karena lama juga tidak diadakan di Blora, sebagai pencinta bonsai pemula tentu bisa menjadi ajang belajar menimba ilmu di bidang merapat bonsai,” Katanya.

Tak hanya tanaman bonsai, dalam pameran tersebut juga dimeriahkan pameran benda pusaka dan batu permata.(Endah)

BACA JUGA :  Kodim Kebumen Gelar Karya Bakti Manunggal IV

Penulis: EndahEditor: Wahyu