Tradisi Budaya Wiwid Masih Di Lestarikan Di Dusun Mertan Desa Tuksari

Avatar

Jatim Aktual, Temanggung – Warga Dusun Mertan Desa Tuksari Kledung lakukan syukuran wiwid untuk memajatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang sudah diberikan rizki, kesehatan sehingga bisa menanam tembakau, bentuk syukur kepada Tuhan dengan cara budaya budaya yang sudah turun temurun.02/08/2022

Menurut sesepuh masyarakat Tuksari Slamet 80 tahun kita tidak lupa bersyukur atas limpahan rizki yang di dapat rasa syukur semua warga Tuksari, mejujung tinggi nilai budaya dengan cara masyarakat datang membawa makanan dan berdoa, bersama meminta agar semua diberikan kelancaran dalam bercocok tanam tembakau, di berikan kesehatan dan hasil yang melimpah.

Lanjut semoga Tembakau yang di tanam di wilayah Tuksari maupun di wilayah kabupaten Temanggung menjadi, tanaman pokok dalam kurun satu tahun sekali.

Guna meperkuat perekonomian warga Tuksari dari tanaman tembakau di harapkan warga sekitar sekitar lereng Sumbing dan Sindoro.

Harapan warga semoga Desa Tuksari tembakau yang di tanam musim ini bisa tumbuh bagus dan di jual laku dengan harga yang sesuai, diharap para petani bisa tidak rugi, serta mendapat hasil yang memuaskan dengan modal tanam yang dikeluarkan.

Harapan warga samijo 43 tahun semoga berkah di dapat dari musim tanam tahun ini, tidak menutup kemungkinan saat panen raya kadang harga di bawah rata-rata.”jelasnya.(Sutarman)

BACA JUGA :  Sempat Tak Di Izinkan Kini Tahanan Polres Kebumen Bisa Dibesuk

Penulis: SutarmanEditor: Wahyu