TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Menelisik Bisnis Ternak Kambing Etawa di Banjarnegara

Avatar

Jatim Aktual, Banjarnegara – Di sela sela Kesibukan sebagai kepala Desa Tofik kepala Desa Punggelan, Banjarnegara memiliki usaha sampingan mengembangkan ternak kambing jenis peranakan Etawa.

Saat di temui Jatim Aktual di lokasi petenakanya (04/06/2022) Tofik mengungkapkan, “Saya hanya memberikan contoh kepada masyarakat bahwa ada jenis kambing yang bernilai ekonomi tinggi peranakan Etawa atau yang lebih di kenal masyarakat kambing PE, kambing jenis ini memang jarang di pelihara di desa”.

Lanjut Tofik disamping harganya yang lumayan mahal di pasar tradisional belum ada, sementara kita hanya menjual kepada yang sudah mengerti atau komunitas kambing PE.

Kambing jenis Etawa ini memiliki berbagai keunikan serta ke unggulan, tidak makan rumput seperti kambing biasa tetapi dedaunan seperti daun singkong, kaliandra, nangka serta buah buahan yang sudah masak serta ada tambahan makanan pabrikan.

Keunggulan jenis kambing ini air susunya bisa di konsumsi manusia sebagai bahan obat obatan herbal, untuk ukuran badanya bisa mencapai dua kali lipat kambing jawa biasa untuk harga peranakan yang masih kecil juga mencapai 3 jutaan sambil menunjuk peranakan yang masih kecil.

Saya berharap supaya masyarakat bisa meniru apa yang saya lakukan agar bisa menambah penghasilan, di bandingkan dengan beternak kambing biasa lebih menjanjikan ternak kambing Etawa.

Hal yang sama dikatakan Sarno peternak kambing Etawa, ternak kambing biasa ibaratnya hanya untuk menabung saja, apalagi sekarang mencari rumput sulit dan tempatnya jauh harus memakai kendaraan butuh bensin, saya juga kepengin ternak kambing Etawa cuma modalnya yang belum ada.’terangnya. (Maimun/Red)