Pertama di Indonesia, 136 Siswa Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat SMPN se-Pamekasan

Editor JA

Jatim Aktual, Pamekasan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning Metode al-Fatih tingkat SMP Negeri, di Hotel Cahaya Berlian, jalan raya Panglegur, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jum’at, 27/5/22.

Lomba Baca Kitab Kuning Metode Al-Fatih tersebut berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 27 sampai 28 Mei 2022 dengan jumlah peserta 136 siswa dari 34 SMP Negeri Se-kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA :  Tidak Mendapatkan Dukungan Pemdes Cenlecen, Winda Ayu Akhirnya Juara MTQ di Pamekasan

Pantauan di lokasi, tampak hadir Akh. Rifa’i sebagai Kabid SMP mewakili Kepala Disdikbud Pamekasan, seluruh Kasi di lingkungan Bidang SMP Disdikbud Pamekasan, Ketua MKKS SMP Negeri, KH. Mufti Huzin sebagai juri.

Akh. Rifa’i selaku Kabid SMP Disdikbud Pamekasan mengatakan, bahwa lomba baca kitab kuning metode Al-fatih untuk SMP Negeri itu merupakan yang pertama kali di Bumi Gerbang Salam, bahkan, bisa jadi di Indonesia, Lomba baca kitab kuning dengan peserta siswa SMP Negeri.

BACA JUGA :  Ratusan CPNS Secara Resmi Menerima SK dari Pemkab. Pamekasan

“Lomba baca kitab ini merupakan rangkaian dari program Inovasi membaca kitab kuning metode Al-Fatih bagi Siswa oleh Disdikbud Pamekasan,” kata Akh. Rifa’i dalam sambutannya.

Kata Rifa’i, program ini diawali dengan kegiatan TOT pembelajaran kitab kuning metode Alfatih kepada Guru PAI secara rutin setiap tahun. Kendati demikian, kata dia, guru PAI yang sudah dilatih tersebut memberikan pembinaan kepada siswanya di sekolah masing-masing.

BACA JUGA :  Ribuan Massa Hadiri Acara Peringatan Maulid Nabi, Keluarga Besar Al-Amien di Pamekasan

“Ada pula yang menjadikan program ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah,” ucapnya

Rifa’i menuturkan, bahwa kegiatan tersebut sebagai pemberdayaan kepada guru PAI, penguatan karakter peserta didik, sebagai bentuk syiar kepada masyarakat, dan untuk memotivasi siswa agar semakin rajin mempelajari kitab kuning.

“Selamat dan Sukses, selamat berkompetisi,” tutupnya. (Red)