80 Kantong Darah Hasil Donor yang Digelar WKP dan PMI Banyuwangi

Avatar
WKP (Wong Kalibaru Peduli) laksanakan kegiatan donor darah yang ke 14 kalinya. Antusiasme masyarakat masih tinggi walau terkendala Vaksinasi

Jatim Aktual, Banyuwangi – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam organisasi WKP (Wong Kalibaru Peduli) mengadakan kegiatan Donor darah, Kegiatan tersebut bekerja sama dengan  PMI (Palang Merah Indonesia) Banyuwangi dan Pemerintah Desa Kalibaru Wetan, kamis (18/5/2022).

Maskipun dibenturkan dengan kegiatan Vaksinasi antusiasme masyarakat terhadap acara yang bertempat di Pendopo Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten banyuwangi, Jawa Timur itu sangat tinggi.

Informasi dan Pantauan jatimaktual.com bahwa kegiatan donor darah tersebut merupakan kegiatan rutinitas yang diletakkan secara berpindah-pindah dan berlangsung normal.

Budianto selaku ketua WKP mengatakan “acara ini rutin di laksanakan setiap 70 hari sekali . Dan sudah berjalan selama 3 tahun, hari ini merupakan kegiatan donor darah ke 14 yang sudah pernah dilakukan oleh WKP bekerja sama dengan PMI, dan untuk tempat pelaksanaan berpindah pindah secara bergiliran di wilayah kecamatan kalibaru” ujarnya.

BACA JUGA :  Waw Pamekasan Kembali Diguyur Demo, Ormas Apa Saja?

Menurutnya, Kedepan WKP berkeinginan untuk mengadakan donor darah secara keliling ke seluruh desa-desa yang ada di kalibaru.

Lebih lanjut Budianto menjelaskan bahwa hingga hari saat ini masih ada 2 dari 6 desa di kalibaru yang belum pernah di tempati WKP untuk menyelenggarakan donor darah, hal ini di karenakan masih kurangnya member donor darah dari masyarakat di daerah tersebut.

BACA JUGA :  Kapolda Kepri Tinjau Pelaksanaan Vaksin Merdeka Polres Bintan di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE)

“Dalam mengkoordinir pendonor, WKP membentuk tim khusus yaitu tim koordinator Donor Darah yang di pimpin oleh Ilham Hanafi. Tim ini bertugas mengkoordinir kegiatan rutin WKP termasuk mengumpulkan Member atau pendonor” tandasnya.

Hasil dari kegiatan hari ini terkumpul sebanyak 80 kantong darah dan akan langsung di serahkan kepada PMI Banyuwangi.

Maskipun demikian, Jumlah tersebut menurun di banding kegiatan kegiatan sebelumnya yang berkisar 100 sampai dengan 190 kantong, karena pendonor berkurang akibat banyak dari member pendonor baru saja di vaksin sehingga dari pihak medis belum memperbolehkan melakukan donor darah sampai jangka waktu 1 bulan

BACA JUGA :  Polsek Cepiring Kembali Melaksanakan Patroli Prokes

“Melihat WKP sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial,Awalnya kita terinspirasi karena urgensi di puskesmas, kemudian kita coba Komunikasi dengan PMI ternyata responnya bagus dan di terima dengan baik. Kira kira sampai saat ini sudah dilaksanakam 14 kali donor darah dalam kurun waktu 3 tahun. Dengan jumlah terbanyak 198 kantong sekali kegiatan. Rencana akan digelar di setiap desa yang ada di kalibaru. ” Terangnya.