Spot Wisata Air Terjun Telunjuk Raung Banyuwangi Tawarkan Keindahan Alam

Editor JA

Jatim Aktual, Banyuwangi – Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak paling Timur di Palau Jawa. Banyuwangi memiliki wisata alam mempesona dan menawarkan beberapa wisata alam asri.

Air Terjun Telunjuk Raung adalah salah satu wisata alam yang menawarkan spot foto pemandangan hijau dan suasana alam asri. Air terjun ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman.

Air Terjun Telunjuk Raung ini terletak di kaki gunung Raung Banyuwangi. Di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

BACA JUGA :  TARI ANGGUK DI SAJIKAN SECARA APIK, DI PERHELATAN AKBAR PESPARAWI NASIONAL

Untuk menuju lokasi tersebut, anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak Air Terjun Telunjuk Raung dengan pusat Kota Banyuwangi kurang lebih 40 KM dengan waktu tempuh 1-1,5 jam perjalanan.

Rute menuju ke Air Terjun Telunjuk Raung cukup mudah, dari kota Banyuwangi ambil arah ke Kota Rogojampi perempatan Kantor Pos Rogojampi ambil ke arah Barat menuju Songgon (belok kanan jika dari Kota Banyuwangi).

Ikuti terus hingga melewati pasar Songgon lalu ambil arah ke Sragi, sampai Perempatan Sragi ambil ke Barat atau ke belok kanan. Ikuti jalan tersebut melewati Dusun Pasar, Air Terjun Temcor dan mentok di pertigaan akan bertemu petunjuk jalan menuju Air Terjun Telunjuk Raung Ikuti saja petunjuk melewati jalan tanah perkebunan cengkeh hingga sampai parkiran.

BACA JUGA :  Personil Operasi Ketupat Semeru Patroli ke Tempat Wisata, Pastikan Pengunjung Patuhi Prokes

Setelah sampai di kawasan wisata Telunjuk Raung, untuk memasuki kawasan tersebut kita dipungut biaya sebesar Rp10.000/orang.

Kawasan parkirnya cukup menarik dengan tata tanaman bunga yang menakjubkan, area gardu pandang dalam bentuk rumah pohon yang digunakan untuk melihat pemandangan sekitar lebih leluasa.

BACA JUGA :  Obyek Wisata Buaran Desa Kandangan Banjarmangu Adakan Pentas Kuda Kepang Dan Warok

Di sekitar sini juga terdapat fasilitas kamar mandi, musholla dan kantin. Tidak berlama lama, kami langsung berjalan menuruni jalan setapak menuju Air Terjun Telunjuk Raung.

Selain Air Terjun Telunjuk Raung. Banyuwangi juga menawarkan Air Terjun yang lainnya dan tak kalah menariknya dengan Air Terjun Telunjuk Raung. Diantaranya yaitu: Air Terjun Jagir, Air Terjun pertemon, Air Terjun Giri Asih, Air Terjun Lider dan masih banyak lagi yang lainnya. (Aulia/Red)