Sulistiyo Widodo Putra Asli Gombong Yang Peduli Akan Kegiatan Olah Raga Salah Satunya Olah Raga Judo

Avatar

 

JatimAktual,Kebumen -Olahraga judo adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang menitik beratkan gerakannya pada sapuan, kuncian, dan bantingan. Pemain judo harus bisa menjaga keseimbangan dengan baik sehingga bisa mengunci lawan dan membantingnya dengan teknik yang tepat.

Melansir beberapa sumber media, penulis merilis ulang .
Di Indonesia, olahraga judo bernaung di bawah organisasi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI). Kejuaraan judo sendiri sudah diselenggarakan di berbagai tingkat mulai dari daerah, nasional, hingga internasional seperti olimpiade.

Sejarah olahraga judo
Mengutip dari International Judo Federation (IJF), olahraga judo ditemukan pertama kali di Jepang pada Mei 1882.

BACA JUGA :  Sulistiyo Widodo Serahkan Bantuan Langsung Terhadap Panitia Turnamen Voly Smash Heppy

Pada saat itu, seseorang bernama Jigoro Kano ingin menciptakan olahraga bela diri yang menggabungkan kekuatan fisik, tingkat intelektual, dan moral. Olahraga ciptaan Jigoro Kano tadi diberi nama judo.

Judo pertama kali dipertandingkan di olimpiade pada tahun 1964. Kala itu, perhelatan olahraga terbesar di dunia ini digelar di kota Tokyo, Jepang.

Kini, olahraga judo tidak hanya didominasi oleh negara-negara Asia. IJF sendiri menaungi 200 persatuan judo di seluruh dunia yang tersebar di lima benua.

Judo pun sebenarnya merupakan pengembangan dari olahraga bela diri kuno Jepang bernama jujutsu. Namun, teknik jujutsu hanya menitikberatkan pada cara melumpuhkan lawan, sehingga banyak gerakannya yang berbahaya.

BACA JUGA :  Club Voly Tamas Kebumen Berhasil Kawinkan Gelar Juara Kategori Pria Dan Wanita Dalam Kejuaraan Voly Ramadhan Cup 2

Jigoro Kano, yang semasa kecilnya sering menerima perundungan, ingin mempelajari jujutsu untuk membela dirinya.
Namun kemudian ia mengembangkan olahraga yang tadinya hanya mengedepankan kekuatan fisik, menjadi lebih utuh dan memperhatikan juga sisi spiritual dan edukasi dan ilmu bela diri .

Kabupaten Kebumen ada beberapa perkumpulan di naungi masing kecamatan akan tetapi Gombonh dari jaman era 80 an hingga zaat ini masih terus exis di regenerasi pejudo pejudo Kebumen berprestasi .

Existansi Judo kebumen menjadi perhatian senior nya untuk terus meniti prestasi membawa nama Daerah kejuaraan Judo yang di ikuti dalam ajang Turnamen dan ivent propinsi jg daerah .

BACA JUGA :  Final Turnamen Voly Ramadhan Cup 2 Ditandai Dengan Penyerahan Santunan Anak Yatim Oleh Dermawan Asal Gombong

Sulistyo Widodo putra Gombong tanpa lelah memacu memberikan suport kepada generasinya JUDO Kebumen untuk mengikuti perlombaan – perlombaan dari pendaftaran hingga acara dan jika berprestasi dapat juara ,Sulis panggilan akrabnya memberikan bonus berupa Uang tunai .

Sulistyo Widodo Yang juga adik kandung Kapolda Sultra memberikan bonus kepada atlet yang berprestasi tidak lebih, untuk memberikan dorongan suport semangat terus berprestasi membawa nama harum daerah Kebumen di luar Daerah lebih baik dalam dunia olah raga . ( salam olah raga )

(Dana)