TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapal Km Dobonsolo Angkut Pemudik Gratis Sepeda Motor Tujuan Semarang-surabaya Diberangkatkan Dari Tanjung Priok

Avatar

Jatim Aktual, Jakarta – Sebanyak 1.109 orang penumpang kapal KM. Dobonsolo termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya, hari ini (26/4) dilepas Menteri BUMN, Erick Thohir pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kapal KM. Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya untuk mobilitas penumpang dan barang, pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang dalam hal ini mewakili Plt Dirjen Perhubungan Laut saat mendampingi Menteri BUMN mengatakan bahwa setelah 2 (dua) tahun dilakukan pembatasan mudik, maka tahun ini sesuai arahan Presiden RI, masyarakat diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik dengan semua moda transportasi, tanpa harus melakukan tes PCR atau Antigen, asalkan sudah menjalani vaksin dosis lengkap dan booster.

“Mudik kali ini peran masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat sehingga diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk memastikan mereka sehat dan telah melakukan vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai,” ujarnya.

Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi. Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022, dan sebanyak 1.400.000 penumpang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234% dari tahun 2021.

“Hal ini sangat dimaklumi setelah selama dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan selama libur Lebaran,” ujarnya.

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan. Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

“Untuk itu, Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran. Kami meminta agar pemudik dapat menggunakan angkutan umum, atau fasilitas mudik gratis, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, BUMN, maupun swasta, salah satunya program mudik gratis naik kapal laut ini,” ujar Arif.

Tahun ini program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk 2 (dua) kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta 2 (dua) kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM. Ciremai.

“Sesuai dengan slogan mudik lebaran tahun 2022 ini, yaitu “Mudik Aman, Mudik Sehat”, mari kita dukung bersama kegiatan ini disertai harapan semoga mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan semua dalam keadaan sehat serta akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya, juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas,” ujar Arif.

Arif berpesan bahwa mudik adalah tanggungjawab bersama, sehingga untuk mewujudkan mudik dengan aman dan sehat diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk dari para pemudik untuk meningkatkan kesadaran diri untuk selalu taat prokes.

Sebagai informasi, penumpang mudik gratis dapat menikmati fasilitas yang tersedia di atas kapal laut. Untuk di KM. Dobonsolo sendiri memiliki fasilitas yang lengkap seperti sarana ibadah, cafetaria, sarana hiburan, sarana permainan bagi anak-anak, dan tentu saja dilengkapi dengan alat keselamatan seperti lifeboat sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas. Dan yang lebih menarik, akan ada Doorpize yang bisa didapatkan oleh pemudik, termasuk fasilitas buka puasa dan sahur gratis di atas kapal.

Turut hadir saat pelepasan perdana mudik gratis tersebut adalah Direktur Utama PT. PELNI (Persero) beserta Seluruh Jajarannya; para Direksi BUMN serta para Pejabat atau Perwakilan Kementerian/Lembaga baik dari Unsur Sipil maupun TNI/Polri.

Adapun setelah sampai pelabuhan Surabaya, KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. Pelni akan melanjutkan pelayarannya ke Makassar – Bau-bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura.

Untuk informasi pendaftaran dapat dilihat pada tautan portal http://mudikgratis.dephub.go.id

KEPALA BAGIAN ORGANISASI DAN HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN LAUT

WISNU WARDANA
——————-
Twitter: @djplkemenhub151
Instagram: @djplkemenhub151
Tiktok: @Djplkemenhub151
Youtube: Ditjen Perhubungan Laut
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Portal: https:/hubla.dephub.go.id

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat. (red)

Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP