Kapolda Jateng: Pemudik yang Melintas Jalur Selatan-selatan Kebumen Diimbau Hati-hati

Avatar

 

Jatim Aktual, Kebumen – Setelah dua tahun dilarang mudik karena pandemi COVID-19, kini di tahun 2022 warga masyarakat kembali diperbolehkan mudik lebaran oleh Pemerintah.

Kesempatan ini tentu tidak akan disia-siakan masyarakat setelah menahan rindu keluarga di perantauan.

Bahkan, berdasarkan survey, diprediksi 85,5 juta masyarakat kita akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran di tahun 2022.

Polda Jateng telah menyiapkan sejumlah pos pengamanan lebaran termasuk di Kabupaten Kebumen.

Siang ini Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama pejabat utama Polda Jateng melakukan monitoring kesiapan pengamanan lebaran di Kebumen, Selasa (26/4).

Menurut Kapolda, secara umum pospam dan pelayanan masyarakat di jajaran Polda Jawa Tengah siap dalam rangka melaksanakan kegiatan mudik tahun ini.

BACA JUGA :  Menjelang Ramadhan, Polres Ngawi Perketat Prokes di Pusat Keramaian

Pos pelayanan mudik lebaran Haji Tino di Desa Kenojayan, Kecamatan Ambal Kebumen menjadi salah satu yang disambangi Kapolda. Ia mengatakan dari hasil monitoring jalur selatan-selatan Kebumen sangat halus sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati karena kurangnya penerangan.

“Cuma pesen saya, di wilayah kita masih belum ada penerangan lampu yang memadai, sehingga saya imbau nanti harus berhati-hati untuk tidak lengah, karena jalurnya ini sangat bagus sekali jangan sampai terjadi kecelakaan yang fatal karena kelalaian kita,” kata Irjen Pol Ahmad Lutfi dalam keterangan pers.

BACA JUGA :  Anggota Koramil Widodaren Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Khusus Lansia

Menurutnya, jalur selatan-selatan Kebumen bisa menjadi alternatif pilihan agar arus mudik selama lebaran semakin lancar ketika memasuki Jawa Tengah.

Agar lebih semangat bertugas, Kapolda Jateng juga memberikan bingkisan atau parcel kepada petugas Posyan Haji Tino.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengaku sudah menyiapkan pengamanan maksimal untuk arus mudik di wilayah Kebumen. Bahkan, operasi ketupat yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2022 telah digelar lebih awal untuk mengakomodasi pemudik.

“Karena adanya informasi masyarakat sudah mulai mudik ke wilayah Jawa dan Bali maka kita langsung menggelar operasi ketupat, kita mulai mendirikan pospam kita mulai memploting pasukan di titik kerawanan yang akan dilalui pemudik,” ungkap AKBP Piter.

BACA JUGA :  Kapolres Kebumen Cek Pasar Hewan Argopeni, PMK Nihil, Warga Tetap Waspada

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengakui kondisi lampu penerangan jalan yang kurang. Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak memacu kendaraannya.

“Kebumen memiliki tiga urat jalur besar, jalur utama di sisi utara, Jalan Daendels dan JJLS ini (Jalur Jalan Lintas Selatan). Yang paling penting masyarakat harus menjaga kecepatannya karena ini los betul seperti jalan tol, harus menghindari batas kecepatan maksimalnya, 80 km/jam,” katanya.(Wah)