Kiprah Seni Remaja Cikarang, Grup Hadroh Darut Tanwir Berhasil Raih 2 kali Juara Favorit

Avatar

Jatim Aktual, Bekasi – Kesenian di Indonesia sangat beraneka ragam dan kaya akan adat dan budayanya. Pada era yang serba digital sekarang kian mudah mengembangkan dan memperlihatkan karya dan bakat yang dimiliki seorang atau kelompok kepada publik.

Hal itu tentu sangat positif untuk membangun generasi yang berbudaya dan dalam rangka menangkal budaya negatif yang tak kalah gencarnya masuk merambah lingkungan remaja lewat kemajuan tehnologi.

Salah satu seni budaya yang kini banyak berkembang dan diminati adalah Seni Hadroh.
Kesenian hadrah menjadi salah satu kesenian yang banyak dipertunjukkan di masyarakat, biasa digunakan untuk mengiringi lagu-lagu bernafaskan Islam.

Musik hadrah atau rebana atau musik terbang diperkirakan berasal dari bentuk-bentuk musik yang bercirikan Islam yang ada sebelumnya.

BACA JUGA :  Polsek Tampan  Bhakti Kesehatan Khitanan Massal sebanyak 50 Orang  anak yatim dan Orang tua tidak mampu

Salah satunya adalah kiprah sekumpulan remaja Cikarang yang tergabung dalam Grup Hadroh Darut Tanwir, Kampung Sukamantri, Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Baru-baru ini Grup Hadroh Darut Tanwir berhasil meraih 2 kali juara favorit pada lomba Hadroh yang dikutinya.

Dengan bermodalkan persiapan seadanya dan serba dadakan grup yang terdiri dari 10 anak remaja usia belia, rata-rata kelahiran tahun 2002, remaja-remaja dibawah asuhan Ustadz ibnu mahja al fauzi ini menorehkan prestasi seninya sebagai juara kategori juara favorit dengan kriteria like terbanyak pada platform instagram panitya lomba.

BACA JUGA :  Bersama KPK RI, Bupati Kampar Bahas Delapan Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi.

Akmal Hidayatullah, salah seorang anggota grup Darut Tanwir mengungkapkan hal itu kepada intip24news.com

“Cerita kronologinya kalau diceritain mah sebernanya serba dadakan semua. Daftar lomba dadakan, latihan hadroh dadakan,” kisahnya.

Ketika ditanya mengenai panitya penyekenggaranya, Akmal mengatakan, “kalau panitia mah ada yang dari sekolahan MAN 1 Bekasi, sisanya dari santri situ, panitya lombanya di Kp. Bulak di masjid Al Istiqomah.” Tutur Akmal.

Remaja kelahiran tahun 2022 ini sudah hampir 2 tahun lebih bergabung dalam grup ini bersama rekan sekampungnya.

Ia menjelaskam, “lomba diadakan oleh panitya Festifal Ramadhan Kreativitas Remaja Mesjid Al Istiqomah, Kampung Baru, Desa Cikarang Utara pada Sabtu (23/4) lalu.

BACA JUGA :  Polda Riau Amankan Pelaku Jual Beli Gading Gajah di Kuansing

Masih kata Akmal, “sebelumnya, juara kategori yang sama juga berhadil diraih pada lomba yang diselenggarakan pihak Mall SGC (Sentra Grisir Cikarang) yang bekerja sama dengan Prajurit Macan Siliwangi (Pramasi) pada seminggu sebelumnya,” imbuhnya.

Sebagaimana kesenian merupakan bagian yang sangat penting bagi pembentukan pibadi manusia, karena kesenian berfungsi menghaluskan perasaan dan budi pekerti manusia.

Oleh sebab itu, melalui seni hadroh ini diharapkan remaja dan anak muda bisa berperan dalam perkembangan kesenian terutama di Kabupaten Bekasi. Juga diharapkan adanya perhatian dan dukungan pemerintah daerah lewat Disparpora agar semakin terwujud remaja yang berkarakter dan berbudaya. (red)

Penulis: Hasan M