Sosial  

SPN Dan Komunitas Bagikan Takjil Wujud Kebersamaan

Avatar

Jatim Aktual, Batang – Sejumlah perwakilan pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) bersama komunitas Kampung Hijrah, Omah Tani dan Kampung Jamune Bu’e membagikan takjil kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL), sebagai wujud kebersamaan dan manfaatnya dapat dirasakan untuk sesama, melalui Ramadan Berbagi.

Sekjen SPN Batang Gotama Bramanti mengatakan, semua hasil iuran dari anggota SPN, komunitas Omah Tani, Kampung Hijrah dan para donatur diwujudkan dalam bentuk menu takjil yang dibagikan khususnya untuk pedagang dan pelaku usaha mainan anak-anak.

“100 takjil kami bagikan ke pedagang kaki lima, pengelola mainan anak tiap sore. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan sebanyak tiga kali, yakni hingga dua pekan ke depan,” katanya, saat ditemui usai membagikan takjil di Jalan Veteran, Kabupaten Batang, Minggu (17/4/2022).

BACA JUGA :  Wakapolres Batang Ingatkan Kesiapsiagaan Personel Hadapi Mudik Lebaran

Ia menyampaikan, selain para pedagang kaki lima, paket takjil juga akan dibagikan kepada para penjaga di rumah sakit.

“Terkadang mereka tetap harus bertugas, sampai tidak sempat keluar untuk berbuka. Jadi kami berusaha membantu agar di bulan suci Ramadan ini mereka tetap bisa berbuka di tengah kewajibannya menjalankan tugas,” tegasnya.

BACA JUGA :  Rakernas I Gercin Indonesia Akan Digelar di Kota Jayapura Propinsi Papua

Ia memastikan, keberadaan SPN bersama Kampung Hijrah dan Omah Tani sebuah pergerakan yang tidak hanya mendengungkan hak-hak kaum pekerja, tetapi berusaha untuk berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Untuk memeriahkan bulan Ramadan para kaum pekerja juga menampilkan kepiawaian mereka dalam berselawat secara akustik,” jelasnya.

Perwakilan dari Kampung Hijrah, Ustaz Miko mengatakan, kegiatan Ramadan Berbagi ini untuk menggugah empati warga Batang. Meskipun dalam kondisi apa pun, tetap berbagi.

“Di ajaran Islam walaupun dalam keadaan senang maupun susah, tetap berbagi karena kepedulian sosial itu memiliki nilai ibadah yang tinggi daripada personal,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Ketua Umum SWI Jadi Direktur Media Komite Perdamaian Dunia di Indonesia

Dengan berbagi dapat merasakan kesulitan kaum yang kurang mampu.

“Kalau warga Batang semuanya bisa berbagi, tidak akan ada orang yang kesusahan,” ujar dia.

Sementara, Pedagang kaki lima, Baharudin mengutarakan, para pedagang juga membutuhkan menu berbuka puasa. Jadi sangat tepat jika anggota SPN dan komunitas terjun langsung ke lapangan.

“Tadi dapat takjil dari anggota SPN dan komunitas. Sangat baik dan positif karena membantu kami supaya bisa berbuka puasa dengan mudah,” ucapnya. (red)