Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Selokarto

Avatar

Jatim Aktual, Batang – Desa Selokarto Kecamatan Pecalungan dicanangkan sebagai Kampung Pancasila Kodim 0736 Batang. Kegiatan pencanangan kampung Pancasila itu digelar di halaman rumah Kepala Desa Selokarto pada Jumat (14/4/2022) malam.

Camat Pecalungan Edi Widodo mengharapkan dengan adanya kampung Pancasila di Kecamatan Pecalungan dapat menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan lebih bisa memahami nilai nilai Pancasila dengan menjaga toleransi dan kerukunan.
“Agar terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.

BACA JUGA :  KAPOLDA KEPRI IKUTI VIDEO CONFERENCE BERSAMA KAPOLRI MEMBAHAS KELANGKAAN BAHAN PANGAN KHUSUSNYA MINYAK GORENG

Danramil Subah Kapten CBA Dwi Kistanto mengatakan, adapun tujuan pencanangan kampung Pancasila adalah untuk menumbuhkan rasa kebhinekaan agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jadi, setiap satu kecamatan harus ada satu desa yang dicanangkan sebagai kampung Pancasila,” jelasnya.

BACA JUGA :  Akmil Gelar Baksos di Wilayah Latihan Yudha Pramuka Akmil Tingkat II/ Sertar TP 2021-2022

Ia berharap semoga dengan pencanangan kampung Pancasila di wilayah kecamatan Pecalungan ini, dapat tumbuh rasa solidaritas, gotong royong, guyub rukun, hormat menghormati dan rasa saling menghargai.

Kapolsek Subah Polres Batang AKP Sugiyanto meminta masyarakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara menjaga guyub rukun dan gotong royong dalam kehidupan sehari hari.

BACA JUGA :  Wakil Presiden RI Kunjungan Kerja di Tanara

“Dengan adanya kampung Pancasila ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme serta mengutamakan musyarawarah mufakat,” katanya.

Selain itu, Sugiyanto juga mengajak masyarakat bersama sama menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban dilingjungan sekitar.

“Marilah kita saling bekerja sama dan bersinergi untuk menjaga Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Batang pada umumnya dan Kecamatan Pecalungan khususnya,” imbaunya. (red)