Unik, Upacara HUT RI Versi Hijriyah ke-76 di Kendal Menggunakan Bahasa Arab

Avatar

Jatim Aktual, Kendal – Upacara HUT Versi Hijriyah yang ke-76 dan buka puasa bersama di halaman Pondok Pesantren Salafiyah Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, Selasa (12/4/2022).

Turut hadir dalam kegiatan kegiatan tersebut Bupati Kendal Dico M Ganindito, BSc., Kapolsek Kangkung AKP Asri, S.H., Danramil Cepiring Kapten inf. Siswanto, Camat Kangkung Adi Prasetyo, STT.P, M.M., Kanit Reskrim Polsek Kangkung IPTU Kristiono, S.H., Kanit Intel Polsek Kangkung AIPTU Eko Yulianto, Komandan POS Komando Rayon Militer Kecamatan Kangkung Pelda Supriyadi, Kasi Trantib Kecamatan Kangkung, Bhabinkamtibmas Desa Karangmalang Wetan, Babinsa Desa Karangmalang Wetan.

 

 

Bupati Kendal dalam amanatnya menyampaikan, “Selain upacara bendera pada tanggal 17 Agustus seluruh masyarakat Indonesia merayakan upacara kemerdekaan. Tepatnya pada hari ini di bulan ramadhan pada tanggal 9 Hijriyah.

BACA JUGA :  Polres Pamekasan Menuju 100% Pelaporan SPT Tahunan

“Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pondok Pesantren Salafiyah Karangmalang dalam melakukan upacara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Versi Penanggalan Hijriyah yang ke-79,” ujar Bupati Kendal.

Dico juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1443 Hijriyah kepada bapak ibu saudara semua. Pada hari ini telah memasuki hari ke-9 di bulan suci ramadhan tahun ini. Mudah-mudahan di hari yang ke-9 ini, semuanya senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan kesabaran untuk dapat menuntaskan ibadah puasa kita selama sebulan penuh.

“Upacara HUT Kemerdekaan RI menggunakan Bahasa Arab ini adalah suatu spesial dan unik yang dimiliki Pondok Pesantren Salafiyah dan tidak dipunyai oleh pondok-pondok lain yang di Kendal,” ucapnya.

BACA JUGA :  Membludak Wisatawan Lokal Hari Ke 2 Idul Fitri, Di Wisata Camplong Sampang

Perlu saya sampaikan kepada semua santri, kalian di wajibkan untuk selalu memiliki 5 janji setia santri, “Kami Santri Salafiyah: 1.Bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, 2. Bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah. 3. Berpaham Ahlusunnah wal jamaah ala NU. 4. Taat dan patuh kepada kiai, guru dan orangtua, 5. Siap sedia berjuang untuk Salafiyah, kapanpun dan dimanapun.

Dico juga menambahkan bahwa dirinya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Karangmalang dan para guru atas pengabdian, dedikasi dan keikhlasannya selama ini dalam mendidik dan mengajar anak santrinya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang agamis, dengan selalu menjaga dan meningkatkan mutu serta kualitas lulusan dan sistem pendidikannya.

BACA JUGA :  DANLANTAMAL IV PIMPIN DELEGASI TNI AL DALAM PERTEMUAN DENGAN RSN

“Sekarang ini, meski tren penularan kasus Covid-19 mengalami penurunan beberapa waktu terakhir, dan saat ini Kabupaten Kendal masuk Level I sesuai Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2022. Namun, saya selalu mengingatkan kepada masyarakat Kendal khususnya para santri dan bapak ibu semua, jangan mengendurkan penerapan protokol kesehatan setiap harinya,” pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Kecamatan Kangkung Kapolsek Kangkung AKP Asri, S.H. menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Kendal, telah sudi menghadiri acar HUT Versi Hijriyah yang ke-76.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran bapak Bupati yang telah menghadiri acara ini, selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tukas Kapolsek Kangkung. (red)

Editor: Gus Din