TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Lanud Rsn Dukung Reformasi Birokrasi Menuju WBK Dan WBBM

Avatar

Jatim Aktual,Pekanbaru,-Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin mendukung reformasi birokrasi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam rangka penilaian zona integritas yang dilaksanakan oleh Itjenau tempat di Ruang Rapat Tuanku Tambusai Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (13/4/22).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutannya mengatakan, membangun zona integritas bukanlah sesuatu hal yang mudah, diperlukan penataan sistem  penyelenggaraan satuan

organisasi yang baik, efektif, dan efesien, agar terlaksananya program reformasi birokrasi.

“Konsep ini sudah ada sejak terbitnya peraturan presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya sasaran utama, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, aparatur yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan dalam pelayanan publik”,kata Andi Kustoro.

Andi Kustoro menjelaskan, Lanud Roesmin Nurjadin sejak dini telah berupaya membangun zona integritas melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, massif, komprehensif, sistimatis, membangun integritas dan instrumen, SOP, dan peraturan untuk mencegah tidak terjadinya tindak pidana korupsi.

“Kami telah  membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi  yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional serta menghapus penyalahgunaan wewenang, praktek KKN melalui pembangunan zona integritas”,kata Andi Kustoro.

Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, kehadiran tim penilai zona integritas dari itjenau,  tentunya Lanud Rsn akan berpeluang  memperoleh penilaian menuju predikat WBK dan BBM, yang merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan para pengguna jasa, tinggal bagaimana mengemas dan mengimplementasikan reformasi birokrasi dengan benar, oleh karena itu mari kita dukung komitmen ini”,ungkap Marsma TNI Andi Kustoro.

Kabagrenprogar Itjenau Kolonel Adm B.Kombang Harianto selaku Ketua TIM Penilaian Zona Integritas mengatakan, kedatangan tim zona integritas di Lanud Roesmin Nurjadin adalah untuk berkolaborasi memberikan penilaian terhadap birokrasi reformasi terutama penilaian pada Lembar Kerja Evaluasi (LKE)  itu sendiri.

“laporan pelaksanaan ZI dari tiap instansi pemerintah yang memenuhi syarat akan diajukan ke Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. Selanjutnya apabila laporan ZI memenuhi syarat, instansi pemerintah tersebut akan melaksanakan serangkaian penilaian seperti pemeriksaan berkas, paparan dan lainnya. Apabila semua unsur memenuhi kriteria, maka instansi pemerintah yang dinilai akan mendapat predikat WBK dan WBBK karena dianggap telah mampu membangun dan mengimplementasikan program reformasi birokrasi secara baik sesuai program pemerintah,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan  paparkan pembangunan zona integritas oleh Danlanud Rsn, dan penilaian zona integritas oleh tim ZI.

Turut hadir rombongan Itjenau, Kolonel Pom Edwin Yuliandri, Letkol Sus Agusra Yendri, S.H.,M.H, dan Letkol Pom I Nyoman , S.H., M.I.Pol, sedangkan dari Lanud Rsn Kadisops Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti, Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kadislog Kolonel Tek Dody Kurniadi, S.E., Kadispotdirga Kolonel Tek P.Siboro dan pejabat Lanud Rsn Lainya.(Aliap)