News  

KKN MBKM UPN “Veteran” Jatim Program Pembuatan NIB Mencapai 176

Avatar

Jatim Aktual, Probolinggo – Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung di dalam KKN-T skema Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif berkesempatan untuk memenuhi salah satu program kerjanya yaitu, melaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan NIB yang berlokasi di Kecamatan Sumberasih dan Kec Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

NIB merupakan nomor identitas yang berfungsi sebagai tanda pengenal bagi pelaku usaha baik perseorangan maupun non perseorangan. NIB menggantikan TDP (Tanda Daftar Perusahan), API (Angka Pengenal Impor) dan akses kepabeanan sebagai eksportir dan importir.

Program ini merupakan rekomendasi dari hasil FGD yang sudah di selenggarakan pada awal KKN. “Alhamdulilah pada fase pertama  26 NIB untuk Kec Bantaran dan 150 untuk Kec Sumberasih total keseluruhan 176 target saya semua UMKM yang ada di 2 kecamatan sudah terdaftar semua”. Kata DPL Dosen Taufikurrahman

Sementara itu PLT kepala Diperindag Kab Probolinggo, Moh. Natsir Menyampaikan program pendaftaran NIB untuk UMKM sangat bagus sekali ia juga berharap perogram ini tetap berlanjut.

BACA JUGA :  Macet Parah Jalan Padang- Painan, Sampai Dini Hari Ribuan Kendaraan Mengular hingga 20 Km

Selain itu Kabid Dsikop Kab Probolingo menyampaikan. Fase-1 sebanyak 176 di 2 kecamatan Bantaran dan Sumberasih.Cukup Baik, terimakasih kepada adik-adik KKN UPN Jatim, Mudah2an di Fase-2 lebih dari 123. NIB Sangat perlu sekali khususnya bagi UMKM Karena dengan adanya NIB bisa mengakses perizinan lainnya seperti PIRT, HALAL dll, selain itu juga ada kepastian hukum & kalo ada Bantuan Pemerintah yang diutamakan yg ber NIB. Tutur, Zulkarnain.

Lebih lanjut Sekretaris Desa Muneng.”Saya tentunya sangat mempersilahkan adik-adik untuk menggunakan fasilitas yang ada demi membantu warga sekitar mendapatkan surat izin berusaha. Karena selama ini sebenarnya warga sangat antusias untuk memulai usaha, akan tetapi selalu tersandung dengan masalah permodalan. Semoga dengan adanya NIB, warga jadi lebih mudah untuk mendapatkan akses bantuan permodalan dari pemerintah” Pesan Bapak Tohar selaku

BACA JUGA :  Bupati Pamekasan Pantau Langsung Pembangunan Jembatan Gantung di Proppo

Saat ini para pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya melalui Online Single Submission (OSS) yang dikelola dan diselenggarakan oleh Lembaga OSS (Kementerian Investasi/BKPM). Pada kesempatan kali ini Kelompok 111 telah menyebarkan undangan pembuatan NIB kurang lebih kepada 70 UMKM yang ada, kelompok KKNT 111 telah sukses mendampingi para pelaku usaha  Desa Muneng untuk mendaftarkan usahanya dengan menerbitkan lebih dari 100 NIB.

“Alhamdulillah, senang sekali akhirnya ada yang membantu saya untuk dapat legalitas buat usaha saya. Yaa walaupun usaha saya masih kecil, tapi saya tetap bersyukur” Ujar Ibu Rusmini, selaku pedagang sayur disekitar Desa Muneng yang juga mendaftarkan diri sebagai pemohon NIB.

Acara pembuatan NIB ini disambut antusias oleh para warga, sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan untuk membawa manfaat yang positif dan mempermudah mendapatkan dokumen lainnya bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Probolinggo khususnya di Desa Muneng.

BACA JUGA :  Rokok Ilegal Menjamur, ALPART Akan Aksi ke Kantor Bea Cukai Jatim

“Sebagai Kepala Dusun Asem Lurus, Desa Muneng, saya merasa sangat terbantu dengan iktikad adik-adik KKN dalam pengurusan NIB bagi UMKM setempat.” Imbuh Bapak Ryan, selaku Kepala Dusun Asem Lurus, Desa Muneng.

“Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk membantu warga setempat mendapatkan legalitas usaha. Tak hanya itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada para perangkat desa yang mendukung penuh program kami serta UMKM setempat yang bersemangat untuk menjadi bagian dari acara yang kami gelar ini. Semoga kedepannya, kami dapat mengadakan agenda lainnya yang lebih bermanfaat untuk masyarakat”. Tutur Endiva, selaku Koordinator Kelompok 111 KKNT-MBKM UPN Jatim Tahun Abdi 2022.

Penulis: EndivaEditor: Taufikurrahman