Pekan THL – Ratu Kecamatan Kelumbayan, Camat Bersama BPP Kelumbayan Menanam Bibit Pinang Batara

Avatar

Jatimaktual.com,Tanggamus – Dalam Rangka HUT Kabupaten Tanggamus Ke 25, Camat Kelumbayan Nauval Syahri,S.sos Bersama Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kelumbayan, melaksanakan Pekan Tanggamus Hijau Lestari -Rawat Agar Tetap Utuh (THL -Ratu) dengan Menanam Bibit Pinang Batara di bantaran Way Napal Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Rabu,(23/3/22)

Dalam kesempatan itu dihadiri Oleh Camat Kelumbayan Nauval Syahri,S.sos, Kepala Pekon Napal beserta Aparaturnya dan BPP Kecamatan Kelumbayan.

BACA JUGA :  Masyarakat Cukuh Balak Kembali Keluhkan Jaringan Telkomsel Yang Mengalami Gangguan

Dalam sambutannya, Camat Kelumbayan Nauval Syahri,S.sos mengatakan bahwa penanaman bibit pinang Batara di bantaran way napal tersebut, merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan hijau asri serta mencegah terjadinya erosi di daerah aliran sungai.

“Penanaman bibit pinang Batara ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan THL-Ratu yang bertujuan melestarikan lingkungan, dan Selain itu tanaman pinang mempunyai nilai ekonomis yang sangat luar biasa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,”Kata Nauval.

BACA JUGA :  Bikin Terharu, Pisah Sambut Antara Kapolsek Lama Dengan Kapolsek Baru Di Kecamatan Cukuh Balak

Selanjutnya Nauval juga mengimbau kepada masyarakat kelumbayan khususnya Pekon Napal, agar menjaga kelestarian lingkungan, dengan tidak melakukan penebangan pohon di hutan secara liar, Hutan merupakan Sumber Daya Alam yang perlu dilestarikan.

“Sebetulnya, penyebab utama adanya banjir, air yang meluap ke jalan, dan tanah longsor adalah perbuatan kita sendiri, Sampah yang seharusnya dibuang di tong sampah, kita buang di sungai, hutan sebagai sumber oksigen yang seharusnya dijaga dan dipelihara, ditebang tanpa melakukan reboisasi,”Ujar Nauval.

BACA JUGA :  Pengedar dan Penyalahguna Sabu Ditangkap di Dua Tempat Kota Agung

Kemudian Camat juga menambahkan, bersama Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kelumbayan, berupaya meningkatkan produktivitas pertanian untuk masyarakat Kelumbayan dengan menanam bibit pinang Batara.

“Dengan adanya penanaman bibit pinang ini, saya berharap agar Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kelumbayan serta masyarakat, menjadikan pinang sebagai tanaman unggulan guna meningkatkan Ketahanan pangan dimasa pandemi,”Pungkasnya. (*)