Kelompok 61 KKN-T MBKM Mengeksplor Potensi Wisata dan UMKM dengan Mengunjungi Sejumlah RW yang Berada di Kelurahan Keputih

Avatar

Kelompok 61 bersama RT 09, RW 02 di Perumahan Sukolilo Dian Regency 1 dalam rangka mencari informasi terkait potensi wisata

Kelompok 61 bersama RT 09, RW 02 di Perumahan Sukolilo Dian Regency 1 dalam rangka mencari informasi terkait potensi wisata

Berdasarkan data demografis yang diperoleh mahasiswa kelompok 61 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur pada saat survei lokasi di Kelurahan Keputih. Kelurahan ini memiliki total 45 RT dan 09 RW. Diberbagai RW terdapat banyak sekali potensi yang bisa kelompok 61 kembangkan, salah satunya di RW 02 yang memiliki potensi wisata taman Idola, taman Burung, taman Gantung serta potensi ikan bandeng. RW 04 memiliki potensi Ecoprint, ternak madu dan olahan dari daun kelor.

Salah satu RW yang dikunjungi oleh kelompok 61 ialah RW 02 yang memiliki potensi wisata berupa taman Gantung, taman Burung dan tempat budidaya ikan bandeng. Tempat budidaya ikan bandeng di kawasan RW 02 ini masih terkontaminasi dengan air laut, sehingga ikan tersebut tidak menimbulkan bau amis dan bau tanah. Hal ini menjadikan ikan bandeng di kawasan ini mempunyai cita rasa tersendiri karena rasanya lebih gurih dibandingkan ikan bandeng di daerah lain. Rencananya, pihak RW 02 akan mengolah ikan bandeng ini menjadi olahan bandeng asap dan bandeng presto.

BACA JUGA :  Kapolda Kepri Buka Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pegawai Negeri Polda Kepri T.A. 2022

Terdapat beberapa keunggulan potensi yang berada di RW 04 seperti potensi Ecoprint yang pernah meraih juara 3 sekota Surabaya, peternak madu dan masakan rumah kelor yang berhasil dikembangkan hingga terekspos di media elektronik dan cetak. Dalam pengelolaan UMKM Ecoprint sendiri dikelola oleh ibu-ibu masyarakat setempat yang berada di kawasan perumahan dosen ITS.

BACA JUGA :  Pelatihan Bela Negara KBPP Polri Resort Pekanbaru, Diajarkan Pengenalan Bongkar Pasang Senjata, Teknik Komunikasi dan PBB

Kelompok 61 bersama ibu Sritomo di Perumahan Dosen ITS dalam rangka mencari informasi terkait potensi daun kelor

Kelompok 61 bersama ibu Sritomo di Perumahan Dosen ITS dalam rangka mencari informasi terkait potensi daun kelor

“Omah Kelor” merupakan hasil kreativitas ibu-ibu RW 04 yang telah menghasilkan sebanyak 27 macam olahan makanan maupun minuman yang berbahan dasar kelor seperti mie, jeli, serta olahan makanan lainnya. Inovasi pengelolaan daun kelor ini bukan untuk dikomersialkan melainkan sebagai sarana pengisi aktivitas ibu-ibu di RW 04.

BACA JUGA :  Kapolres Kendal Pimpin Sertijab Kasatpolairud Polres Kendal

Tidak hanya itu ibu-ibu perkumpulan Jumantik (Juru Pemantau Jentik) juga tidak kalah bagus dalam pemantauan jentik-jentik. Ibu ibu jumantik rutin melaporkan hasil dari pemantauan jentik-jentik ke puskesmas berupa foto atau dokumentasi. Terdapat petugas yang memantau terkait saluran air apakah terdapat jentik-jentik atau tidak dengan cara mengambil gambar bak mandi yang berisi air. Ada tidaknya jentik-jentik akan tetap dilaporkan secara rutin.

Dari berbagai potensi yang telah disebutkan sebelumnya, kelompok 61 berencana mengangkat potensi-potensi tersebut dengan menggunakan berbagai media sosial seperti Instagram dan Youtube.