Kelompok KKN 69 UPN “Veteran” Jawa Timur siap berkontribusi dalam memaksimalkan potensi wisata ampel di Kelurahan Ampel, Surabaya

Avatar
Dokumentasi Mahasiswa Kelompok 69 bersama Staf dan Kepala Kelurahan Ampel

Jatim Aktual, Surabaya – Kuliah Kerja Nyata Tematik KKN tematik adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang memiliki program kegiatannya berorientasi pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan serta arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah wilayah tertentu (Kabupaten/Kota).

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur menjalani Kuliah Kerja Nyata Tematik – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) yang merupakan salah satu kegiatan mahasiswa di luar kampus yang diinisiasi secara mandiri oleh UPN “Veteran” Jawa Timur dengan mengacu pada pilar keempat Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yakni hak mahasiswa belajar tiga semester di luar program studi dengan bobot 20 SKS per semester.

BACA JUGA :  Kel. 65 KKN Tematik MBKMB UPN “Veteran” Jatim Siap Kembangakan Potensi Wisata di Sukolilo Baru

Program ini berbeda dengan KKN Reguler yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pelaksanaan KKNT-MBKM dilakukan selama satu semester.

Mahasiswa terbagi menjadi 151 kelompok yang akan tersebar di beberapa kota, meliputi Kota Surabaya, Blitar, Jombang, Mojokerto, Lumajang, dan Probolinggo.

BACA JUGA :  AAI DPD Jatim Bersama Kogartap III Surabaya, Buat Pergelaran Seni Peringati Hari Peduli Anak Autis Sedunia Tahun 2022

Selain itu, program ini juga memiliki beberapa skema, yaitu Skema Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif, Skema Desa Tangguh Bencana, Skema Desa Wisata, dan Skema Desa Bebas Stunting. Yang mana mahasiswa kelompok 69 mendapatkan skema desa wisata pada kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir.

BACA JUGA :  PW GMPI Jatim Desak Eddy Christijanto Minta Maaf Terkait Larangan Bagi-Bagi Takjil

Menjelang pelaksaan lapangan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dimulai pada tanggal 21 Maret 2022, Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang berada di bawah bimbingan Dosen Pendamping Lapangan Rosi Febrianita melakukan berbagai persiapan, diantaranya pembentukan struktur organisasi, pembagian tugas kerja, pembuatan program kerja, penyusunan proposal, dan survei lapangan. Survei lapangan pertama di Kelurahan Ampel oleh kelompok 69 telah dilakukan pada tanggal 16 Maret 2022.