Mahasiswa UPN Jatim Kelompok 68 Lakukan Riset Kebutuhan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Bersama KIM

Avatar

Jatim Aktual, Surabaya – Menjelang kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT MBKM) yang akan dimulai pada tanggal 21 Maret 2022 sampai dengan 31 Juni 2022. Mahasiswa Kelompok 68 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dibawah bimbingan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Roziana Febrianita, S.Sos., M.A, dan Ketua Kelompok 68 Muhammad Chasan Amrulloh melaksanakan survey lanjutan atau survey kedua untuk mematangkan program kerja Kelompok 68 agar riset yang kedua dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat diterapkan secara berkelanjutan setelah KKNT MBKM selesai di Keluruhan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Mahasiswa Kelompok 68 lakukan riset kedua untuk menunjang kesiapan dalam melaksanakan program kerja. Oleh karena itu, Mahasiswa kelompok 68 tetap akan melaksanakan riset hingga menemukan titik terang atau kesimpulan pada program kerja yang akan dilaksanakan di Kelurahan Nyamplungan.

BACA JUGA :  Kolaborasi Mahasiswa KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur dengan Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Surabaya Wujudkan Desa Berbasis Wisata

Hasil temuan riset kedua oleh Mahasiswa Kelompok 68 yaitu pertama, menemukan cagar budaya yang hingga saat ini masih belum dimanfaatkan dengan baik dengan masyarakat, bahkan sempat melihat potensi wisata yang dapat dikembangkan tetapi terkesan tidak terawat. Mahasiswa Kelompok 68 akan melakukan terobosan baru dalam pengembangan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah yang begitu hebat. Oleh karena itu, Mahasiswa Kelompok 68 akan memberikan sketsa gambaran dan membenahi cagar budaya tanpa merubah sejarah yang telah ditinggalkan.

Selanjutnya telah dijelaskan oleh Bapak Agus selaku Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan sebagai pendamping lapangan Mahasiswa Kelompok 68 bahwa memang cagar budaya di Kelurahan Nyamplungan sangat banyak, akan tetapi masih banyak hal yang harus di benahi, diperbaiki dan khususnya dipublish kepada masyarakat agar masyarakat seluruh Indonesia khususnya masyarakat Kota Surabaya. Harapan dari beliau bahwa dengan hadirnya Mahasiswa Kelompok 68 dalam melaksanakan KKNT MBKM dapat memberikan ilmu baru dalam pengembangan wisata di Kelurahan Nyamplungan agar seluruh masyarakat di Kelurahan Nyamplungan sadar akan manfaatnya wisata yang berkelanjutan dan juga pemerintah desa dapat mensupport adek-adek Mahasiswa Kelompok 68 dalam melaksanakan program kerja di Kelurahan Nyamplungan.

BACA JUGA :  Luar Biasa di Hari Raya Idul Fitri, Loyalis Erick Thohir Gelar Halal Bihalal dan Senam Massal

Kedua, Mahasiswa Kelompok 68 lakukan riset menemukan hal baru yaitu adanya sentra kerajinan sandal pada kelurahan nyamplungan. Oleh karena itu, sebenarnya potensi yang berada di Kelurahan Nyamplungan yang begitu banyak akan tetapi masih kurang maksimal dalam memberikan perkembangan di Kelurahan Nyamplungan. Masyarakat yang berada di sekitar sentra kerajinan sandal masih banyak masyarakat yang belum bisa membuat kerajinan. Menurut Pak Agus agar dengan adanya Mahasiswa Kelompok 68 melaksanakan KKNT MBKM bisa memberikan ilmu baru bagi masyarakat agar wujud maupun impian masyarakat dalam menjelang endemi bisa terwujud sesuai harapan yang di inginkan masyarakat Kelurahan Nyamplungan.

BACA JUGA :  Melalui Program KKNT MBKM, Mahasiswa UPNVJT Gali Potensi Wisata Hidroponik di Kelurahan Kendangsari

Artinya bahwa Mahasiswa Kelompok 68 di dorong aktif dalam melakukan kegiatan bersama dengan masyarakat, akan tetapi program kerja yang dijalankan bukan semata-mata hanya sebagai tugas mahasiswa tetapi bisa ikhlas dan penuh cinta dalam menjalankan program kerja hingga masyarakat bisa menikmati ilmu atau ilmu yang telah diberikan Mahasiswa Kelompok 68 pelaksanaan KKNT MBKM bisa manfaat bagi masyarakat Kelurahan Nyamplungan.

Oleh karena itu, Mahasiswa Kelompok 68 akan bersinergi mewujudkan harapan besar Kelurahan Nyamplungan dalam mewujudkan wisata yang berkelanjutan dan bisa menjadi contoh Kelurahan maupun Kota yang berada di Indonesia maupun Luar Negeri. Mahasiswa Kelompok 68 akan memberikan dorongan dan kreatif yang akan diberikan kepada masyarakat Kelurahan Nyamplungan dan dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat yang masih belum mendaptkan pekerjaan.