Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Siap Kembangkan Wisata yang ada di Kel. Kendangsari Lewat Program KKN Tematik MBKM Th 2022

Avatar
Dokumentasi di Kantor Kecamatan Trenggilis Mejoyo dalam rangka menggali informasi mengenai lokasi KKNT MBKM

Jatim Aktual, Surabaya – Kelurahan Kendangsari Kecamatan Tenggilis Mejoyo merupakan salah satu kelurahan yang ada di kota Surabaya yang sekaligus dijadikan tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) UPN “Veteran” Jawa Timur Tahun 2022 bagi kelompok 63.

Sejauh pengamatan kelompok 63 yang di dapatkan dari media online maupun mencoba bertanya secara personal kepada perwakilan masyarakat Kendangsari, Kendangsari memiliki beberapa potensi wisata, tetapi sampai dengan saat ini kemungkinan hanya beberapa masyarakat saja yang mengetahui akan potensi wisata di Kendangsari.

BACA JUGA :  KKNT MBKM Kelompok 62 UPN Jawa Timur Optimalisasi Kampung Sayur & Buah di Kelurahan Medokan Semampir Surabaya

Keberadaannya yang ada di kota besar seperti Surabaya, membuat kelurahan ini harus mampu bersaing dengan kelurahan-kelurahan yang lain untuk menonjolkan dan memperkenalkan potensi-potensi yang ada. Dengan mengembangkan potensi wisata untuk dijadikan desa wisata di Kelurahan Kendangsari, merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan agar wisata Kendangsari dapat terus berkembang dan semakin dikenal masyarakat luas.

Dengan mengusung konsep “Eduwisata”, mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur kelompok 63 peserta KKN Tematik MBKM yang terdiri dari beberapa mahasiswa dari disiplin ilmu yang berbeda, yaitu dari program studi Ilmu Komunikasi, Agroteknologi, Akuntansi, program studi Manajemen dan mahasiswa program studi Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur, akan mencoba membantu mengembangkan desa wisata serta dapat membantu mengubah mindset atau pola fikir masyarakat Kendangsari tentang pentingnya desa wisata sehingga konsep desa wisata yang direncanakan dapat berjalan hingga masa mendatang meskipun kegiatan KKN Tematik MBKM ini telah selesai dilaksakan.

BACA JUGA :  PW GMPI Jatim Desak Eddy Christijanto Minta Maaf Terkait Larangan Bagi-Bagi Takjil

Peserta KKN Tematik MBKM juga mencoba mengajak semua pihak berpartisipasi yang terdiri dari tokoh desa, perangkat desa, ibu-ibu PKK, perwakilan pemuda, serta masyarakat dari kelurahan Kendangsari untuk bersama-sama membangun desa wisata.

Sehingga dengan peran seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat yang terlibat, diharapkan Kelurahan Kendangsari Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya dapat menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur khususnya di Surabaya ke depannya dan mampu menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung pada desa wisata Kendangsari.

BACA JUGA :  KKN MBKM Kelompok 61 UPN “Veteran” Jawa Timur Menggagas Konsepsi Ecowisata Untuk Kelurahan Keputih Surabaya