TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

KKN MBKM Kelompok 61 UPN “Veteran” Jawa Timur Menggagas Konsepsi Ecowisata Untuk Kelurahan Keputih Surabaya

Avatar
Kelompok 61 Bersama Kepala Kelurahan Keputih Itaqwati Oetami Saat Survei Lapangan

Jatim Aktual, Surabaya – Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya memiliki letak yang strategis. Hal ini dikarenakan posisinya yang berbatasan dengan Selat Madura di sebelah timur, dengan Kelurahan Klampis Ngasem di sebelah barat, dengan Kelurahan Kejawan Putih Tambak Kecamatan Mulyorejo di sebelah utara, serta berbatasan dengan Kelurahan Medokan Semampir serta Semolowaru di sebelah selatan.

Kelurahan ini memiliki luas 1446,3 Ha dengan total 45 RT dan 9 RW
Selain letaknya yang strategis serta luasnya wilayah yang dimiliki, kelurahan ini juga menyimpan segudang potensi wisata yang menarik.

Potensi wisata yang dimiliki oleh Kelurahan Keputih antara lain Hutan Bambu, Taman Harmoni, Taman PUPR, Sentra Wisata Kuliner Deles, dan Sentra Kuliner Convention Hall. Akan tetapi, dari sejumlah potensi yang telah disebutkan, terdapat permasalahan yang memerlukan fasilitator untuk mencari solusi dari kendala tersebut.

Yang pertama yaitu, di sekitar lokasi wisata Hutan Bambu dan Taman Harmoni yang banyak ditemui kumpulan sampah sehingga menyebabkan bau tidak sedap pada lokasi wisata di sekitarnya yaitu Hutan Bambu dan Taman Harmoni.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang dapat menjadi penyelesaian masalah antara lain yaitu merumuskan model skema wisata yang tepat untuk Kelurahan Keputih, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait konsep wisata dan pengelolaan sampah, melakukan pelatihan dan pendampingan untuk pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan konsep wisata yang akan kelompok 61 rumuskan, serta memberikan edukasi terkait faktor faktor penunjang konsep wisata.

Sehubungan dengan hal tersebut maka kelompok 61 KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan KKN yang merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan khususnya pengabdian kepada masyarakat demi menunjang tercapainya cita-cita pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kegiatan KKNT-MBKM ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Maret hingga 30 Juni 2022. Untuk mengawali kegiatan KKNT-MBKM ini, kelompok 61 mengadakan survey lokasi dengan meninjau lapangan dan berkunjung ke Kelurahan Keputih pada Rabu, 16 Maret 2022.

Mengacu pada potensi wisata dan hasil survei yang telah dilakukan oleh mahasiswa kelompok 61 KKNT-MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di Kelurahan Keputih, kelompok 61 menginisiasi grand design ekowisata dan pengelolaan sampah.

Secara konsep, ekowisata diartikan sebagai pengembangan pariwisata yang bertujuan untuk mendorong upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan tersebut sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat setempat.

Grand design ekowisata di Kelurahan Keputih ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengeksplorasi potensi wisata di Kelurahan Keputih yang sebelumnya kurang mendapatkan publikasi dan perhatian di masyarakat luas.