Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Mengikuti Penilaian Tahap II PPD 2022

Avatar

JATIMAKTUAL.COM,Kotaagung Timur – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Mengikuti Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022. di Ruang Rapat Bupati Melalui Zoom Meeting. Rabu (17/3/2022).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Kepala Badan Bapeda Hendra Wijaya Mega, Kepala dinas Pendidikan Yadi Mulyadi, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kepala Dinas Disdukcapil Maradona, Kadis Pertanian dan Holtikultura Catur Agus Dewanto.

Sementara yang hadir dari Tim Penilai Independen, Ir. Syahrial Loetan, Prof. Dr. Hermanto Siregar, Avanti Fontana Fh.D.Tim Utama/Moderator : Agustin Arry , Ss. Ma, Dr. Ir. Suprayoga . MSP, Melalui Zoom Meeting :

BACA JUGA :  Enterpreneur Muda Pamekasan, Bisnis Skincare dari Aplikasi BBM hingga Punya Store Sendiri

Bupati Dewi Handayani Dalam Sambutan nya mengatakan, Pemkab Tanggamus mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kepercayaan dari seluruh jajaran Bappenas dan tim penilai sehingga Kabupaten Tanggamus saat ini sampai pada penilaian tahap II PPD Tahun 2022 tingkat nasional.

“Semoga Kabupaten Tanggamus dapat lolos ke penilaian tahap III yaitu verifikasi lapangan,”Kata Bupati

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan bahwa selama tahun 2021, capaian pembangunan di Kabupaten Tanggamus menuju kearah perbaikan, terdapat beberapa indikator yang lebih baik dari capaian Provinsi Lampung dan Nasional seperti Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 2,93 persen.

Masih kata Bupati, terdapat beberapa indikator lain yang perlu terus dibenahi meskipun telah menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya seperti Indeks Pembangunan Manusia yang baru mencapai 66,65.

BACA JUGA :  Dengan Teknik Door to Door, Polres Magelang Kota Suntik Vaksin 778 Orang

“Oleh karena itu kami terus melaksanakan sinergi berbagai program kolaboratif di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian seperti Program Semua Bisa Sekolah atau SBS untuk peningkatan IPM,”Ujarnya.

Lalu Bupati juga menjelaskan, bahwa terkait dengan pelaksanaan Inovasi Pembangunan Daerah, Kabupaten Tanggamus telah melaksanakan lebih dari 350 inovasi sehingga tahun 2020 dan 2021 secara Konsisten Kabupaten Tanggamus masuk kedalam Top 10 Innovative Government Award (IGA).

“Oleh karena itu pada penilaian PPD Tahun 2022 ini kami mengedepankan Inovasi “Bumil Ceria” yang mulai dilaksanakan pada tahun 2020,”Jelasnya.

BACA JUGA :  Canangkan Zona Integritas, Polres Kendal Harus Siap Meningkatkan Pelayanan Publik

Sementara Kebaruan atau novelty dari Inovasi “Bumil Ceria” tersebut adalah layanan yang diberikan bukan hanya sebatas pelayanan ibu hamil sampai melahirkan dengan selamat, akan tetapi diintegrasikan juga dengan upaya pencegahan stunting sejak ibu mengandung yang tumbuh kembangnya dipantau secara berkala.

Sehingga dengan pelaksanaan inovasi tersebut dapat mengoptimalkan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Prevalensi Stunting, disamping itu Inovasi “Bumil Ceria” juga dikolaborasikan dengan 13 inovasi lain yang terkait sehingga terlaksana dengan optimal. (Tzie Lee)