News  

Bupati Pamekasan Resmikan Sentra Batik Klampar

Avatar

Jatim Aktual, Pamekasan – Kabupaten Pamekasan resmikan Sentra Batik Klampar, yang berlokasi di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur.

Dalam peresmian pusat batik tersebut, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, didampingi ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pamekasan, Hj. Nayla Baddrut Tamam, beserta segenap jajaran pemerintah Kabupaten Pamekasan. Senin, 14/3/22.

Dengan diresmikannya Sentra Batik Klampar tersebut, para pengerajin Batik dapat memusatkan hasil karya tulisnya disana.

Diketahui sebelumnya bahwa Sentra Batik tersebut memanfaatkan gedung yang telah lama dibangun, yaitu pada tahun 2017, namun bangunan tersebut tertelantarkan begitu saja, dengan menghabiskan anggaran senilai Rp. 5 Miliar.

BACA JUGA :  Jalur Pakong – Waru Pamekasan Ambles Sepanjang 14 Meter

Baddrut Tamam, mengatakan bahwa adanya Sentra Batik Klampar tersebut, diharapkan bisa menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurutnya, dengan kualitas batik lokal Pamekasan, ia memastikan bahwa ekonomi di Pamekasan akan segera pulih, dan batik karya tulis warganya bisa dijual keluar daerah.

Ia mengatakan untuk bisa memajukan daerah, bisa beragam caranya, salah satunya dengan mengenalkan produk lokal yang sekarang mulai dilirik oleh kancah nasional.

BACA JUGA :  Bupati Baddrut Tamam Turing ke Pantura Periksa Pengerjaan Jalan Akses Kecamatan Pegantenan Menuju Kecamatan Batumarmar

“Target kita sekarang, bagaimana Batik di Pamekasan ini menjadi pusat perhatian nasional” kata Baddrut.

Ia berharap dengan ciri khas batik yang sangat bagus, batin lokal Pamekasan dapat bersaing dengan batik-batik luar daerah.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut andil dalam memajukan batik Pamekasan, salah satunya dengan cara memasifkan promosi batik tersebut.

“Kita juga fungsikan BUMDes yang ada disini untuk membantu mempromosikan batik ini” kata Baddrut.

Di Sentra Batik Klampar ini, selain menyajikan kain batik, juga menyediakan songkok batik, selendang batik, sarung batik, dan sepatu batik.

BACA JUGA :  FRPB bersama Warga Pamekasan Distribusikan Paket Isoman

Semua itu dimaksud agar menarik perhatian pengunjung ketika ke Sentra Batik.

Perlu diketahui bahwa Sentra Batik ini akan menjadi tempat para pedagang batik, para pengrajin agar bisa melakukan proses pelukisan maupun pewarnaan batik.

Centra Batik Klampar, merupakan satu-satunya pusat batik yangbada di Kabupaten Pamekasan. Oleh karenanya, ia berharap Pemdes beserta BUMDes bisa bersinergi dalam memajukan batik tersebut.