News  

UPN Veteran Jatim Luncurkan Program KKN Tematik, Mahasiswa Tingkatkan Potensi Unggulan dengan Pembuatan Branding Produk UMKM di Kabupaten Probolinggo

Avatar

Probolinggo: UPN Veteran Jawa Timur mengajak mahasiswa untuk ikut serta dalam pengabdian masyarakat yaitu KKN Tematik yang terintregasi dengan kampus merdeka belajar. Program ini diharapkan untuk seluruh mahasiswa untuk ikut serta dalam pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif pada daerah yang telah ditentukan.

Salah satu daerah tersebut yaitu Kabupaten Probolinggo dengan dua kecamatan yang dipilih kecamatan Bantaran dan kecamatan Sumberasih.

 

Pada tahap awal, mahasiswa melakukan survey terlebih dahulu dengan perangkat desa setempat untuk menjalin kerjasama dan menyamakan persepsi terkait adanya program KKNT MBKM 2022.

 

Desa yang dipilih salah satunya desa Tempuran yang berada di kecamatan Bantaran ini menjadi tempat tujuan mahasiswa kelompok 119 melakukan program kerjanya. Desa Tempuran yang memiliki jumlah penduduk sekitar 2.700 orang dan mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian dan pasar perdagangan. Desa yang terkenal akan komoditas padi ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti kemudahan akses selama perjalanan, lingkungan yang asri dan sejuk membuat mahasiswa kelompok 119 bersemangat dalam membantu masyarakat desa Tempuran ini.

BACA JUGA :  Pantauan Pemudik Belum Ada Lonjakan Di Dukuh Banjaran

 

Pada survey pertama pada 07 Maret 2022, Mahasiswa kelompok 119 melakukan komunikasi dengan perangkat desa yaitu Bapak Alisat selaku kepala desa yang baru saja terpilih. Beliau menyambut mahasiswa dengan sangat ramah dan mengajak untuk berkeliling sekitar kantor kepala desa dan juga mengunjungi UMKM di desa Tempuran.

Adapun UMKM yang menjadi highlight yaitu salah satunya produk tempe. Namun, UMKM di desa Tempuran ini masih belum memiliki label dan branding pada produknya. Sehingga, potensi tersebut tidak dapat maksimal dari pemasaran produknya.

BACA JUGA :  Bupati Baddrut Tamam Turing ke Pantura Periksa Pengerjaan Jalan Akses Kecamatan Pegantenan Menuju Kecamatan Batumarmar

 

Jadi, Mahasiswa Kelompok 119 merencanakan untuk mendampingi UMKM ini dengan fokus pada branding dan labelisasi sehingga dapat meningkatkan potensi yang unggul dan memiliki daya saing.

 

Kedepannya target tersebut dapat segera direalisasikan bersama dengan program-program lainnya yang dapat membantu warga sekitar terutama Desa Tempuran.

 

Iktikad ini rupanya mendapat sambutan yang sangat baik dari warga sekitar maupun dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Probolinggo. Serta mendapat sambutan langsung dari Bapak Syamsul Arifin sebagai perwakilan dari BAKESBANGPOL Probolinggo.

 

Beliau berharap, kerjasama antara Kabupaten Probolinggo dengan UPN Jatim akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menyokong agenda Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo. Selain itu, adanya peningkatan daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan serta keberlanjutan pengelolaan sumber daya manusia melalui pengembangan kewirausahaan dan UMKM juga menjadi fokus utama dalam kegiatan KKNT-MBKM UPN Jatim di Kabupaten Probolinggo.

BACA JUGA :  Security Binaan KNPI Riau Berhasil Tangkap Ninja Sawit; Fastabiqul Khairat

 

“Selain itu pula, Kami berharap peserta KKN UPN Jatim dapat memberikan kontribusi positif dalam ikut memberikan pemahaman dan pelatihan pelatihan problem solving secara langsung dan praktis sehingga jelas peranan mahasiswa dalam perkembangan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan agar potensinya menjadi lebih berkembang sekaligus dapat mengintegrasikan nilai nilai ideologi pancasila pada masyarakat.” Ucap Beliau.

 

Penulis: KKN UPNVJT KEL 119Editor: Taufikurrahman