WAKASAL LAKSANAKAN FIRST STEEL CUTTING KAPAL PC-60 KOARMADA I DI BATAM

Avatar

Batam – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. melaksanakan First Steel Cutting dan Keel Laying kapal PC 60 Koarmada I di PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) Jl. Brigjen Katamso KM.16 Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat, (04/03/2022).

Acara ini merupakan simbolisasi dari peristiwa penting dalam proses modernisasi kekuatan TNI AL yang sedang berlangsung. Kapal PC 60 yang sedang dibangun ini akan menjadi komponen penting bagi kemampuan TNI AL pada masa mendatang, yang akan dipergunakan dalam rangka menjaga kedaulatan dan keamanan negara, serta menjamin kepentingan nasional di laut.

Pada acara tersebut Wakasal didampingi oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid K.,S.E.,M.M., Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rochman, S.T., M.han., Sekretaris Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Sekdislaikmatal) Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan.

BACA JUGA :  Bahas kekayaan Madura, DEM Madura Gelar Worshop Energi

Turut hadir dalam penyambutan Wakasal dan rombongan antara lain Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., Danlantamal IV Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla., Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., Direktur PT. KAS Franky.

“Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Dirut PT. KAS beserta staf atas kerjasama yang telah terjalin ini, khususnya pada proyek pembangunan kapal PC 60 untuk TNI AL sekaligus sebagai upaya pembangunan kekuatan nasional. Oleh karenanya, tujuan yang ingin kita capai bukan hanya untuk membangun kemampuan kapal PC 60 TNI AL, namun juga sebagai langkah nyata dalam mewujudkan kemandirian bangsa indonesia dalam membangun alutsista, khususnya jenis kapal PC 60” ungkap Wakasal dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Relawan Ganjar Pranowo (Pro-Jarwo) Tolak Keras Kelompok Penjilat Jokowi 3 Periode

“Kapal PC 60 merupakan salah satu unsur penting dalam Armada TNI AL. Kemampuan dari kapal PC 60 yang akan dibangun oleh PT. KAS merupakan hal yang signifikan tidak hanya bagi TNI AL, namun juga memiliki implikasi strategis pada postur pertahanan negara secara keseluruhan. Oleh karena itu, tni al berkomitmen untuk menjamin pengadaan kapal PC 60 termasuk teknologinya berjalan dengan sukses dan tepat waktu” tambah Wakasal.

BACA JUGA :  Bagaimana Harga dan ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan? Yuk Kita Cek

Adapun proses produksi kapal PC 60, kontrak tanggal 28 oktober 2022 (multiyears 2021, 2022 dan 2023), launching mei 2023 dan delivery agustus 2023, dengan spesifikasi: main dimension 60×8,50×2,60 meter, kecepatan 24 knot, cruising speed 15 knots dan crew 55 orang.

Pengadaan kapal PC 60 ini selaras dengan sembilan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono khususnya butir ke dua yaitu modernisasi KRI, pesawat udara dan material tempur. (Ac)

Editor: Gus Din