Bupati Pamekasan Apresiasi Inovasi Lurah Barkot, Buat Administrasi Kependudukan Cukup di Rumah

Avatar
Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota (Barkot) Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) setempat guna mempermudah pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya, Senin (23/8/2021).

PAMEKASAN. Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengapresiasi atas inovasi dari lurah Barurambat Kota (Barkot) atas pembuatan administrasi kependudukan tak lagi ke kantor capil.

Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi dalam mengatakan, pihaknya akan mempermudah layanan administrasi kependudukan bagi warganya.

Misalnya pembuatan kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian dengan tidak perlu mengurus sendiri. Sebab, kebutuhan administrasi akan difasilitasi oleh kelurahan.

“Misalnya untuk akta kematian, setiap ada orang yang meninggal, kami datang ke rumah duka untuk ta’ziyah dan kami terbitkan surat kematian seraya menguruskan persyaratannya, kemudian kami bawa ke kantor kelurahan. Demikian juga akta kelahiran,” katanya.

BACA JUGA :  Ansor Pamekasan Gelar Tahlil Virtual untuk Ibunda Bupati Baddrut Tamam

Dikatakannya, Program ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, serta keinginan untuk membantu warga yang sedang berduka melalui tupoksinya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

“Setelah akta kematian itu selesai di Disduk Capil, kami ambil dan diantarkan ke rumah warga langsung akta kematian tersebut berikut KK yang baru. Layanan ini kami ingin membantu dan memudahkan masyarakat,” tandasnya.

BACA JUGA :  Nur Yasin Tegaskan Kembali Maju di Pileg 2024

sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengapresiasi program mulia tersebut yang tentu telah melalui pemikiran panjang di tingkat kelurahan. Mulai kondisi sosialnya, hingga beberapa kemungkinan dari program itu.

“Semoga program ini bisa menginspirasi kepada yang lain, tentu program ini sudah melalui diskusi panjang terhadap beberapa kemungkinan. Saya sampaikan terimakasih kepada pak lurah dan seluruh jajarannya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Hari ini, Bani Food Court Pamekasan Gratiskan Makan

Bupati dengan panggilan mas Tamam ini berharap ASN senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Meskipun sejatinya, pemerintah harus hadir dalam setiap kebutuhan warganya.

“Program seperti ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang bersyukur,” pungkasnya.