TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Terapkan Kurikulum Tekhnik & Bisnis Sepeda Motor, MPM Honda Jatim MOU dengan SMKN 2 Pamekasan

Avatar
Kepala Disdik Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi saat meresmikan.

PAMEKASAN. PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMKN 2 Pamekasan. Rabu, (10/03/2021).

Kerjasama dua instansi penting tersebut terkait penerapan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor ( KTBSM ) Astra Honda untuk siswa SMK 2 Pamekasan.

Bertempat di ruang aula sekolah setempat MOU dilakukan dengan disaksikan langsung oleh Kepala Sekolah SMK 2 Pamekasan, Sri Indrawati, kepala Disdik Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi.

Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim mengatakan sejalan dengan upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri, pihaknya hadir untuk memberikan materi dan pendampingan untuk siswa di bidang industri.

Dikatakannya, Kerjasama Kurikulum TBSM Astra Honda ini merupakan bentuk kontribusi dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan dengan sistem “Link and Match” melalui sinkronisasi kurikulum bersama SMK jurusan teknik sepeda motor dengan kebutuhan dunia kerja.

“Melalui program kurikulum TBSM Astra Honda ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri,” ujarnya diikuti tapuk tangan.

Ditambahkannya, Peningkatan kompetensi ini juga dilaksanakan dengan standardisasi laboratorium praktik dan memberikan kesempatan praktek kerja industri di jaringan bengkel resmi Honda.

SMK yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru juga diadakan, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi serta para siswa bisa melaksanakan Praktek Kerja Industri di seluruh jaringan AHASS atau bengkel resmi Honda.

Selain itu, Sekolah yang sudah melakukan MoU dapat memanfaatkan portal resmi Honda yaitu e-Learning dan e-Database. Nantinya, SMK bisa mendownload materi ajar sesuai dengan kurikulum teknik sepeda motor Astra Honda, melihat lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK binaan Honda, serta produk-produk terbaru dari Honda

Untuk diketahui, Hingga saat ini MPM Honda Jatim sudah membina sebanyak 91 SMK yang sudah menjalankan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM).

Program ini merupakan program nasional PT. Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan MPM Honda Jatim sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, AHM telah memulai program Kurikulim TBSM Astra Honda ini sejak 2009.

kepala Disdik Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan, MOU ini penting dilakukan untuk melancarkan program Jatim Cerdas dalam menciptakan siswa yang tangguh dan siap menghadapi dunia kerja.

“Ini terobosan luar biasa yang dilakukan SMK 2 Pamekasan untuk mengasah kompotensi siswa. Terutama sudah sesuai dengan jaman 4.0 yang serba digital,” katanya.

Selain itu, pak wahid akrab disapa juga menekankan tiga misi SMK kedepannya. Tiga misi tersebut sebagai pedoman dan motivasi untuk para guru dan sekolah.

“Kedepannya SMK harus mampu mengantarkan siswa berkompetensi, mampu mencetak siswa sebagai juragan dan pimpinan perusahaan,” tandasnya.