Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Minta Perkuat SDM APIP

Avatar

PAMEKASAN. Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memberikan arahan rakor pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Rabu (2/2/2021) pagi.

Pertemuan yang berlangsung di Pringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati itu dihadiri oleh Sekda, staf ahli bupati, asisten sekda, dan ispektur.

BACA JUGA :  Gelar Piramida Sekaligus Peringati HPN 2022, Kapolres Pamekasan: Semoga Pers Semakin Solid

Dalam pertemuan terbatas tersebut, politikus muda berkacamata itu menyampaikan pentingnya pengawasan. Menurutnya pengawasan penyelenggeraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh APIP harus berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Yakni, terkait dengan pelaksanaan pengawasan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai fungsi dan kewenangannya serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA :  Jelang Pembukaan MTQ XXIX Jawa Timur, Bupati Pamekasan Cek Kesiapan Venue

“Pengawasan harus dilaksanakan berdasarkan prinsip profesional, independent, objektif, akuntable, tidak tumpang tindih antar APIP, dan berorientasi pada perbaikan dan peringatan dini,” kata Baddrut Tamam.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur itu juga meminta agar APIP melakukan pendampingan di OPD mulai perencanaan, sehingga kesalahan dalam pelaksanaan dapat diminimalisir.

BACA JUGA :  Soal Pengelolaan KIHT, Pemkab Pamekasan Studi Banding ke Soppeng Sulawesi Selatan

“SDM APIP juga diperkuat sehingga mampu memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan,” tegasnya.